oleh

FKPT Sulut Libatkan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

KILASSULUT.COM – Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan Pitutur Kebangsaan ”Ekspresi Indonesia Muda” melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Utara, yang digelar di Gedung Teater Lantai 4 IAIN Manado, Kamis (30/06/2022) berlangsung sukses.

Acara yang dihadiri Gubernur Sulut yang diwakili Kaban Kesbangpol Sulut, Ferry Sangian diawali dengan Deklarasi Pemuda Sulut menolak paham radikalisme dan terorisme serta menolak organisasi khilafah yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila.

Deklarasi Pemuda Sulut menolak paham radikalisme dan terorisme ini ikut disaksikan Brigjen Erdhy J Lumintang S.IP yang hadir mewakili Pangdam XIII Merdeka, unsur Polda Sulut dan ratusan pelajar pemuda yang mengikuti kegiatan ini.

Pada Kesempatan itu juga Ketua FKPT Sulut, Max Togas SH menjelaskan, usaha FKPT Sulut dalam kemitraannya dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam usaha mengantisipasi dan mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme di daerah ini, termasuk bagaimana usaha mereka dengan melibatkan pelajar dan kaum muda.

Togas juga menjelaskan sinergitas usaha FKPT Sulut dalam menjalankan program BNPT dengan melibatkan Kesbangpol Sulut dan instansi teknis lainnya di Provinsi Sulut sebagai bagian dari usaha mengoptimalkan usaha-usaha tersebut.

Sementara itu, Danny Dwi Wulandari M.Si, Sub Koordinator Lembaga Pemerintah BNPT dalam penyampaian materinya berjudul ”Kebijakandan Strategi Pencegahan Terorisme di Kalangan Pemuda dan Pelajar” mengatakan, saat ini ada fenomena estremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di kalangan generasi muda.

Dia pun mengungkap sesuai survei Alvara Research, ada 23 % pelajar SMA setuju dengan Jihad untuk tegaknya negara Islam Khilafah, 18 persen setuju pemerintahan berbentuk Khilafah dibandingkan NKRI.

Wulandari juga mengungkapkan hasil survei PPIM UIN Jakarta dan Survei Wahid Foundation yang intinya memberikan warning bagi semua bahwa bahaya paham radikalisme, terorisme sudah sangat serius di negeri ini.

Materi lainnya dibawakan oleh Dr Mardan Umar, M.Pd terkait dengan Peran Aktif Pemuda, Pelajar dan Organisasi Kepemudaan dalam Pencegahan Terorisme.

Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
Advertisement by
Acara ini diakhiri dengan Workshop Konten Kreatif dengan materi Harmoni dalam ”Ekspresi Indonesia Muda” oleh Adimas Ismail Albatati.

Terkait dengan acara ini Ridwan Hidayat, Kabid Pemuda FKPT Sulut menyatakan, apresiasinya kepada BNPT yang telah mempercayakan kepada FKPT Sulut untuk menggelar kegiatan yang bertujuan untuk mencegah paham radikalisme di kalangan pelajar dan pemuda.

Kegiatan ini dihadiri seluruh pengurus FKPT Sulut dan undangan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.