Pengabdian pada Masyarakat Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Konstruksi Polimdo Bangun Talud SD Kristen Victory

Manado11 views

Pengabdian pada Masyarakat  Mahasiswa (PPM-M) Program Studi Sarjana Terapan Konstruksi Bangunan Gedung Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado membangun talud
di SD Kristen Victory Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Salah satu tujuan pembangunan pendidikan nasional adalah meningkatakan pemerataan kesempatan belajar pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan.

Adanya sarana dan prasarana, khususnya gedung sekolah, yang memadai merupakan salah satu persyaratan untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan di suatu wilayah.

Bangunan/gedung sekolah dan ruang kelas merupakan bagian penting dalam sarana dan prasarana pendidikan, yang berfungsi sebagai tempat belajar dan mengajar.

Banguan tersebut harus memenuhi persyaratan keselamatan, kenyamanan dan keamanan sesuai dengan standar sarana dan prasarana Pendidikan.

Salah satu sekolah yang membutuhkan bangunan ruang kelas adalah SD Kristen Victory yang mulai beroperasi sejak tahun 1999.

SD Kristen Victory yang terletak di Jalan Tololiu Supit Lingk. V Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea Kota Manado.

Menurut Ibu Meiske Balansawang, Kepala Sekolah SD Victory, inisiatif membangun sekolah ini setelah melihat latar belakang masyarakat di sekitar lokasi yang rata-rata tidak tahu membaca.

Selain itu, adanya kejadian pelecehan terhadap anak perempuan usia sekolah dasar di kendaraan umum dan Gembala Sidang yang menjadi saksi matanya.

Pada tahun itu jarak antara rumah penduduk dan lokasi sekolah paling dekat sejauh 3 km.

Lahan dimana ruang kelas berada berkontur atau memiliki ketidaksetaraan tinggi lahan dan berbatasan dengan rumah penduduk.

Untuk mencegah terjadinya longsor maka perlu dibangun talud yang berfungsi juga sebagai batas lahan.

Pihak SD Victory dan Pemerintah Kelurahan Tingkulu bersama-sama dengan Tim Pelaksana PKM-M Program Studi Sarjana Terapan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado bersepakat melaksanakan kegiatan pembangunan talud.

Talud yang direncanakan sepanjang 6 meter dengan ketinggian 2,5 meter tetapi dengan bantuan masyarakat bisa terealisasi sepanjang 20 meter, dengan tinggi 2,5 meter dan lebar 0,60 meter.

Tim Pengabdian pada Masyarakat – Mahasiswa (PPM-M) Program Studi Sarjana Terapan Konstruksi Bangunan Gedung, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Manado terdiri dari, Dr. Ir. Sherley Runtunuwu, ST., MT. dan Ir. Fandel Maluw, SST., MT.

Terlibat juga dalam kegiatan ini adalah tenaga pengajar dan mahasiwa.

Melalui kegiatan PPM-M, selain pihak Kampus Politeknik Negeri Manado dapat berkontribusi dalam pembangunan fisik, juga diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan, khususnya dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi talud yang terbuat dari beton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *