Praka Buyung Bantu Petani Desa Lolanan Basmi Gulma

Bolmong4 views

B O L M O N G — Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Praka Buyung membantu petani membersihkan gulma yang berada di persawahan milik Bapak Simbala (55) salah satu anggota Kelompok ”Maju Bersama” Desa Lolanan Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (20/07/2022).

Kesuburan pertumbuhan padi tidak hanya dengan diberikan pupuk serta disemprot saja, tetapi rumput di sekeliling tanaman padi juga harus selalu dibersihkan sehingga ketersediaan makanan untuk tanaman padi tidak diserap oleh gulma atau rumput pengganggu.

Praka Buyung mengatakan, Tindakan paling dini dalam upaya menghindari kerugian akibat serangan gulma adalah pencegahan untuk mengurangi pertumbuhan gulma.

”Pencegahan tersebut merupakan langkah yang paling tepat untuk menjamin tumbuh kembangnya tanaman padi, sehingga kerugian yang ditimbulkan dari gangguan gulma bisa dihindari,” ujarnya.

Sementara itu, Bapak Simbala (55) pemilik lahan menyampaikan, dengan terlibatnya Babinsa di program pendampingan pertanian, saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih.

”Dan kami sebagai petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya bapak TNI dan Semoga hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga program Ketahanan pangan bisa tercapai,” tuturnya.