oleh

Bersama Petani Binaan, Babinsa Basmi Gulma Dilahan Seluas 0,5 Hektar

B O L M O N G — Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-11/Lolak Koptu Rusmanto Paputungan membantu para petani membersihkan hama gulma yang berada diseputaran tanaman padi yang dapat menghambat jalannya pertumbuhan padi sebagai tanaman induk.

Dilahan milik Yones Mangari (42) seluas 0,5 hektar yang merupakan salah seorang warga binaannya, Koptu Rusmanto bersama sama petani mencabut mencabut gulma di Desa Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (05/08/2022).

Untuk mensejahterakan kehidupan para petani di wilayah desa binaannya serta menjaga Ketahanan Pangan yang cukup. “Babinsa sebagai aparatur teritorial yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya kepada para petani, Babinsa harus mengetahui permasalahan yang dihadapi para petani dilapangan seperti yang kita lakukan saat ini,” ucap Babinsa Koptu Rusmanto.

Oleh sebab itu, dirinya selalu berusaha untuk membantu menyelesaikan semua permasalahan petani sesuai kemampuan dan kewenangannya. “Salah satu contoh peran Babinsa dalam membantu petani yakni dengan cara mengatasi hama rumput dan gulma dilahan persawahan,” ujarnya.

Koptu Rusmanto juga mengutarakan bahwa kegiatan yang dilakukannya adalah murni dari jiwa dan panggilan tugasnya sebagai Babinsa. “Kami sebagai Babinsa akan selalu dekat dengan masyarakat, agar masyarakat merasa nyaman beraktifitas sehari-hari, kami harap warga tidak segan untuk menyampaikan permasalahan atau kesulitannya,” tutur Babinsa.

Sementara itu, Yones Mangari (42) menuturkan bahwa dirinya merasa sangat terbantu sekali dengan kehadiran Babinsa yang terus memberikan pendampingan pertanian.

“Terima kasih Bapak Babinsa atas bentuk perhatian yang selama ini telah mendampingi kami sebagai petani, sehingga kami dapat melaksanakan rutinitas dengan aman dan nyaman. Juga atas keluh kesah kami sebagai petani dapat tersalurkan berkat arahan dan bimbingan dari Bapak Babinsa,” imbuhnya.