Dandim Bolmong Hadiri Giat Aksi Percepatan Penurunan Stunting

Kotamobagu16 views

KOTAMOBAGU — Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker S.Sos menghadiri kegiatan Aksi Percepatan Penurunan Stunting yang bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Selasa (23/08/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan kali ini berdasarkan amanat peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan Stunting dengan mengangkat tema “Cegah Stunting Itu Penting”.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara saat membuka kegiatan menuturkan, Pada pagi hari ini kami forkopimda sangat antusias dalam kegiatan stunting dan kehadiran yang lengkap ini saya apresiasi yang setinggi-tingginya karena ini adalah bentuk dari sinergitas kita.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran pemerintah daerah ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya disertai ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak badan pusat statistik Kotamobagu yang pada pagi hari ini telah menandatangani nota kesepakatan tentang sinergi penyediaan pemanfaatan dan pengembangan data dan atau informasi pembangunan daerah satu data kota Kotamobagu,” ucap Walikota.

Dengan telah ditandatanganinya nota kesepakatan ini maka diharapkan akan dapat meningkatkan komitmen kerjasama dan sinergi antara pemerintah Kotamobagu dengan BPS Kotamobagu dalam hal penyediaan manfaat dan pengembangan data dan informasi pembangunan daerah, satu data kota baru dalam rangka mewujudkan ketersediaan data dan informasi statistik yang lengkap akurat mutakhir konsisten dan berkesinambungan.

“Untuk mendukung satu data pertama bagus sebagai perencanaan dan evaluasi pembangunan kota Kotamobagu sehingga datanya real tentu kita bisa memetakan dan jumlahnya pun bisa kita ketahui seperti stunting misalnya sebaran stuntingnya dapat kita ketahui jumlahnya dan seterusnya. Dengan MoU data yang sudah ada, maka data ini tidak akan lagi menjadi perdebatan tetapi sudah menjadi data yang dapat kita bahas bersama dan tentu bisa mendapatkan solusi bagi pembangunan yang ada di daerah ini,” ucap Walikota.

Pelaksanaan rembuk stunting tingkat Kotamobagu tahun 2022 pada pagi hari ini juga merupakan bagian dari delapan aksi integrasi yang diharapkan akan memperkuat efektifitas intervensi penurunan stunting mulai dari analisis situasi perencanaan, pelaksanaan, program penguatan regulasi, pembinaan kader pembangunan manusia dan penguatan manajemen sampai review kinerja tahunan dalam rangka percepatan penurunan stunting.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini bahwa wujud komitmen dalam rangka penanggulangan stunting di Kotamobagu maka pada pagi hari ini juga dilaksanakan kegiatan penandatanganan komitmen percepatan penurunan stunting terintegrasi untuk percepatan penurunan stunting di Kota Kotamobagu pada tahun 2023,” tutur Walikota.

Turut hadir Wakapolres Kotamobagu Kompol Afrizal R Nugroho SIK, Elwin Agustian Khahar SH MH (Kajari Kota Kotamobagu), Junita Beatrix Ma’i SH MH (Ketua Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu), Sofian Mokoginta (Sekot Kotamobagu), Muh. Sahrun Gonibala LC (Ketua MUI Kotamobagu), Adnan masinae ( Kepala Bapelitbang Kotamobagu), Shirli Seronika M.Si (Kepala BPS Kotamobagu), serta ASN dan SKPD di Pemerintahan Kota Kotamobagu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *