Jelang Pencanangan Kampung Pancasila, Koramil Bolaang Uki Gelar Gotong Royong

Bolsel6 views

B O L S E L — Koramil 1303-08/Bolaang Uki bersama Tiga Pilar Desa dibantu oleh warga dan puluhan pelajar bergotong royong melaksanakan pembersihan dan penyiapan Kampung Pancasila yang berada di Desa Tabilaa Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Jumat (26/08/2022).

Danramil 1303-08/Bolaang Uki Letda Inf Tandi Soleh mengatakan, pendirian Kampung Pancasila hari ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI AD yang langsung ditindaklanjuti oleh Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker S.Sos. Untuk instruksinya, Disetiap Koramil harus membentuk Kampung Pancasila.

Arahan dari Dandim 1303/Bolmong bahwa tujuan dari pendirian Kampung Pancasila ini adalah untuk menanamkan kembali, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Keberadaan Kampung Pancasila ini bisa menjadi sarana menambah wawasan atau pengetahuan warga khususnya para generasi muda,” ucap Danramil.

Lebih lanjut, Danramil menjelaskan, pemilihan Desa Tabilaa sebagai Kampung Pancasila dikarenakan Desa Tabilaa terpilih sebagai desa tiga pilar dimana warga masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai Pancasila, seperti sikap toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi, terdiri dari berbagai suku budaya, serta sikap dan semangat gotong royong.

“Penyiapannya sudah kita lakukan sejak awal Babinsa mensosialisasikannya ke perangkat desa tanggal 18 Agustus 2022 kemarin hingga hari ini dilaksanakan penyiapan kampung Pancasila secara gotong royong,” tutur Danramil.

Sementara itu, Kepala Desa Tabilaa Ridwan Moha mengatakan, sikap kegotongroyongan dan kekompakan warganya memang sangat luar biasa. Hal ini, tentunya, tidak terlepas dari peran dan kerjasama Tiga Pilar Desa, yakni Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Sehingga silaturahmi antar tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda sudah terjalin dengan sangat baik. Termasuk dalam memelihara Kamtibmas melalui Pos Kamling, dan lain-lain.

“Terima kasih kepada Danramil Bolaang Uki atas ditunjuknya Desa Tabilaa sebagai Kampung Pancasila. Semoga Desa Tabilaa yang kita cintai ini semakin makmur dan sejahtera,” ujar Kades Tabilaa.

Pantauan dilapangan tampak personel TNI dari Koramil Bolaang Uki, bersama Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Warga dan para pelajar sedang melaksanakan karya bakti penyiapan Kampung Pancasila di Desa Tabilaa. Selain Danramil dan Tiga Pilar Desa, tampak pula anggota dari Pos Angkatan Laut Kabupaten Bolsel Pratu (Mar) Rasul.

Tampak juga Personel Koramil Bolaang Uki bersama puluhan siswa dan siswi dari SD Negeri 1 Tabilaa sedang bekerja bersih bersih untuk pencanangan kampung Pancasila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *