oleh

Semarakkan HUT RI Ke-77, Kodim Bolmong Perlombakan Tari Kabela

KOTAMOBAGU — Kodim 1303/Bolaang Mongondow menggelar lomba tari tradisional dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77, Selasa (09/08/2022).

Kegiatan yang digelar di lapangan upacara Makodim 1303/Bolmong diikuti oleh puluhan pelajar dari berbagai sekolah dasar se-Kota Kotamobagu.

Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos mengatakan, Tujuan kegiatan ini selain untuk menyemarakkan HUT RI Ke-77. Sisi lainnya karena budaya daerah seperti tari daerah saat ini memang sudah ditinggalkan masyarakat jadi saat ini kita perlombakan tari Kabela untuk mengangkat ciri khas Bolaang Mongondow.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk membangkitkan minat anak terhadap budaya daerah. pasalnya, budaya mempunyai peran penting dalam mempersatukan NKRI,” ucapnya.

Dandim Bolmong berharap, generasi penerus terutama pelajar mampu menjaga dan melestarikan budaya daerah sebagai ciri khas bangsa Indonesia. terlebih, tari daerah sebagai bagian dari komoditi wisata daerah khususnya di Bolaang Mongondow sebagai warna daerah.

“Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat harus terus melestarikan seni tari daerah dengan tetap menanamkan kecintaan budaya kepada anak-anak kita sejak dini,” ujar Dandim.

Dandim Bolmong juga menambahkan, “Mari kita merangsang lagi kecintaan anak anak terhadap budaya lokal daerah agar tidak hilang dan punah akibat pengaruh budaya dari luar,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.