Dandim Bolmong Hadiri Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94

Kotamobagu9 views

KOTAMOBAGU – – Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker, S.Sos menghadiri upacara peringatan Sumpah Pemuda Ke-94 yang bertempat di lapangan Sepak bola Motoboi Kecil Kota Kotamobagu, Jumat (28/10/2022).

Dengan mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa”, Upacara yang dipimpin oleh Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan dan sebagai Komandan Upacara Rexi Adiyatama diikuti oleh 1 Pleton Kodim 1303/Bolmong, 1 pleton Polres Kota Kotamobagu, 1 pleton Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu, Kelompok ASN Kota Kotamobagu, kelompok Paskibraka Tahun 2022, kelompok Pramuka, kelompok SMP, dan Barisan kelompok siswa Sekolah Dasar.

Dalam sambutan yang dibawakan oleh Nayodo Koerniawan mengatakan, Peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ucap Nayodo.

Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Peringatan hari sumpah pemuda ini memiliki arti penting dikarenakan ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” ujar Wakil Walikota.

Diakhir amanatnya, Nayodo berpesan, Kita patut bersyukur melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dala tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” tuturnya.

Turut hadir, Nayodo Koerniawan SH (Wakil Walikota Kota Kotamobagu), Letkol Inf Topan Angker, S.Sos (Dandim 1303/Bolmong), AKBP Dasveri Abdi, SIK (Kapolres Kota Kotamobagu), Asep Irfan, SH MH (Ketua Pengadilan Agama Kota Kotamobagu), Mega Malow, SH (Mewakili Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu), Sofyan Mokoginta, SH (Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu), Para Kepala Desa, Lurah dan Camat se-Kota Kotamobagu, Para Perwira 1303/Bolmong dan Polres Kota Kotamobagu, Para ASN Kota Kotamobagu, Para Kepala SKPD Jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu, Tamu dan undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *