Letkol Inf Topan Angker Bersama Forkopimda Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Kotamobagu14 views

KOTAMOBAGU – – Untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak berjalan dengan tertib dan aman, Komandan Kodim Letkol Inf Topan Angker, S.Sos bersama Walikota Kota Kotamobagu dan unsur Forkopimda lainnya meninjau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak di beberapa lokasi yang berada di Kotamobagu, Rabu (19/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker, S.Sos menyampaikan bahwa, pihaknya bersama Polres Kotamobagu melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pilkades di 15 desa yang tersebar dibeberapa Kecamatan yang berada di Kota Kotamobagu.

Dikatakannya, Kodim 1303/Bolmong melalui para Danramil dan Babinsa jajaran di wilayah Kota Kotamobagu, sejak awal sudah melakukan pemantauan, patroli dan pengamanan setiap kegiatan dalam tahapan Pilkades hingga selesai nanti pada tahap pengesahan dan pelantikan Kades terpilih mendatang.

“Situasi keamanan selama proses Pilkades ini menjadi prioritas TNI-Polri yang ada di Kotamobagu. Ini sudah menjadi tugas kita. Nanti juga kita akan tetap terus kawal hingga proses penghitungan suara agar aman, khususnya jika terjadi permasalahan konflik sosial,” ucap Dandim.

Dandim Bolmong juga berpesan, agar selama prosesi pemungutan suara, semua pihak bisa saling menjaga demi suksesnya pelaksanaan pencoblosan Pilkades. Selain itu, kepada para pendukung calon Kades, agar selalu mengedepankan kedewasaan dalam menyikapi semua permasalahan yang ada, dan legowo menyikapi hasil perhitungan suara nantinya. Sehingga potensi kericuhan dan keributan dapat diminimalisir.

“Semua pihak saya minta saling menjaga, jangan mudah diprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Dan kepada tim pengamanan, agar selalu berkoordinasi dengan komando atas, sehingga apabila ada kendala dapat segera diatasi dengan cepat dan tepat,” tutur Dandim.

Sementara itu, Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara mengatakan, Hari ini Kotamobagu ada pelaksanaan Pilsang atau Pemilihan Sangadi (Kepala Desa) yang serentak dilaksanakan di 15 Desa yang terdiri dari 57 calon Kepala Desa dan 73 TPS serta pemilih yang berjumlah 26.011 jiwa.

“Dari pantauan kami bersama Forkopimda yang hadir melaksanakan pemantauan merupakan wujud tanggung jawab kita semua serta dukungan dalam pelaksanaan Pilsang serentak, Dan selama tahapan Pilsang ini Protokol Kesehatan Covid-19 kita tetap tegakkan,” ujarnya.

Dan yang kedua, sampai saat ini pelaksanaan Pilsang masih berjalan dengan lancar, aman terkendali serta peserta yang hadir sudah mencapai di atas 85 persen.

“Inshaa Allah semuanya dapat berjalan dengan lancar dengan baik dan prosesnya akan kita kawal semua. Saya minta untuk semua masyarakat agar bisa menjaga Kamtibmas hingga menjelang pelantikan Kepala Desa,” imbuh Walikota Kotamobagu.

Turut hadir, Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, Kepala Kajari Kotamobagu Elwin Agustian Khahar, SH. MH, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Junita Beatrix Ma’i, SH MH, Pjs Asisten 3 Kotamobagu Agung Adati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *