Letkol Inf Topan Angker Hadiri Festival MHF 2022

Boltim19 views

B O L T I M – – Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker S.Sos menghadiri kegiatan Event Mooat Horticulture and Culture Festival (MHF) 2022 yang bertempat di Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sabtu (08/10/2022).

Kedatangan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si bersama Forkopimda disambut dengan tari perang Kabesaran, dilanjutkan dengan Marching band yang dibawakan oleh siswa dan siswi di Kecamatan Mooat.

Yang dilanjutkan dengan iring iringan kendaraan hias yang membawa sayur mayur dan nantinya akan dibagikan ke masyarakat, disusul dengan acara adat tari Maengket persembahan dari warga Desa Guaan dan ditutup dengan lagu Makatana khas Minahasa.

Saat dikonfirmasi, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si mengatakan, Acara yang kita selenggarakan ini merupakan budaya yang nantinya akan menjadi warisan dari Bolaang Mongondow Timur kepada anak cucu kita, kita tidak hanya mengingat sejarah tetapi kita menjaga dan merawat sejarah tetapi kita menyelamatkan sejarah di Boltim terutama sejarah tentang Minahasa yang ada di tanah Totabuan.

“Seperti hari ini kita bersama dengan oma Echerd Suod, Beliau sejak tahun 1950an sudah menjadi saksi dan berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Boltim dengan baik dan akhirnya sudah menjadi maju serta seperti saat ini,” ucapnya.

Yang kita harus jaga adalah merawat sejarah agar diketahui oleh anak cucu kita bahwa suku Minahasa adalah bagian dari Bolaang Mongondow Timur dan tidak terpisah.

“Bolaang Mongondow Timur saat ini telah menjadi destinasi wisata, karena dalam setahun ini kita telah melaksanakan festival seperti festival Tulude, Java Culture Festival Purworejo, kemudian festival Kabela dan yang terakhir adalah festival MHF 2022. Ini akan kita laksanakan setiap tahun guna melekatkan yang berbeda menjadi satu kesatuan dalam Bhineka Tunggal Ika,” tutur Bupati Boltim.

Perlu diketahui, tujuan diadakannya event ini adalah untuk meningkatkan destinasi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Turut hadir, Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo SE MM, Wadir Intelkam Polda Sulut AKBP Irham Halid SIK, Kapolres Boltim AKBP I DW NYM Agung Surya SIK, Danramil 1303-03/Modayag Kapten Inf Janssen Neang, perwakilan Pengadilan Negeri Kotamobagu, serta tamu dan undangan ditambah ribuan masyarakat yang memadati festival MHF 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *