Manfaatkan Lahan Kosong, Babinsa Berikan Pendampingan Kepada Petani Kacang Tanah

Kotamobagu19 views

KOTAMOBAGU – – Dalam upaya pemanfaatan lahan yang tidak produktif menjadi Produktif serta dapat mampu menambah penghasilan sampingan bagi para petani di wilayah binaan, Kopda Aslan Kasang anggota Bintara Pembina Desa Koramil 1303-01/Kotamobagu rutin memberikan pendampingan kepada Nurman Ginu (68) salah seorang petani di Desa Kopandakan Satu Kota Kotamobagu, Selasa (15/11/2022).

Kopda Aslan Kasang mengatakan, Sesuai dengan arahan dari Pimpinan dan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan, Babinsa didalam setiap kegiatannya di wilayah binaan harus selalu memantau dan mendampingi masyarakat khususnya para petani, seperti yang hari ini dilakukan yaitu memberikan pendampingan kepada petani kacang tanah milik Bapak Nurman yang kini sudah mulai tumbuh subur di lahan miliknya.

“Kami sangat respek terhadap kegiatan Pak Nurman yang memanfaatkan lahan kosong miliknya yang dulu tidak produktif dan kini diubah menjadi lahan produktif tanaman kacang tanah, sehingga hasil dari jerih payahnya nanti benar-benar akan bisa dinikmatinya,” ujar Kopda Aslan.

Babinsa juga menambahkan, Kegiatan yang dilakukan Pak Nurman dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif menjadi produktif ini harus kita respon dan memberikan suatu apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Oleh karena itu, para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal- hal yang berkaitan dengan pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan yang optimal, karena keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat sehingga masyarakat pun akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan dirasakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 1303-01/Kotamobagu Kapten Inf Janssen Neang mengatakan, Peran TNI sangat penting dalam rangka mensukseskan program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan (Hanpangan). Oleh karena itu personel Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal- hal yang berkaitan dengan pertanian.

“Seperti yang dilakukan oleh Kopda Aslan Kasang dengan membantu petani membersihkan dan merawat tanaman kacang tanah dari gangguan gulma dan rumput,” ucap Danramil.

Dalam pantauan Media ini, Kopda Aslan Kasang bersama Pak Nurmin Ginu melakukan perawatan tanaman kacang tanah di lahan seluas 0,7 hektar. Kopda Aslan Kasang tak sungkan untuk memberikan pembinaan dan arahan agar tanaman bisa tumbuh subur dan bisa menghasilkan pundi pundi rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *