oleh

Pangdam XVIII/Kasuari Pimpin Sidang Pantukhir Cata PK Reguler, Keagamaan dan Otsus Sub Panpus Kodam XVIII/Kasuari TA. 2022

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., memimpin langsung jalannya acara sidang Pantukhir Cata PK TNI AD Reguler dan Keagamaan Serta Otsus Sub Panpus Kodam XVIII/Kasuari TA. 2022, di aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (19/11/2022).

Sidang ini diikuti oleh 161 orang dari Cata Reguler, 37 orang Cata Keagamaan dan 374 orang dari Cata Otsus.

Asisten Personalia Kasad, Mayjen TNI Darmono Susastro, S.I.P., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Pangdam menyampaikan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada Tim Rik/Uji tingkat Sub Panpus karena telah melaksanakan tugas masing-masing dengan maksimal dan sungguh-sungguh.

“Di era digital saat ini segala bentuk informasi sangat mudah untuk diakses oleh masyarakat luas, pimpinan TNI AD memiliki harapan besar agar kegiatan 4 penerimaan Cata PK TNI AD Reguler dan Keagamaan Gelombang II TA. 2022 dapat dilaksanakan dengan obyektif, transparan dan akuntabel,” ucapnya. Salah satu wujud kepedulian pimpinan terkait hal tersebut yaitu dengan memberikan akses komunikasi secara langsung kepada panitia pusat di Mabesad,” ucapnya.

Pada pelaksanaan werving penerimaan prajurit yang lalu masih ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh oknum di daerah dimana hal ini menandakan masih rendahnya kesadaran panitia di daerah dalam melaksanakan pengawasan kegiatan.

“Selain itu pimpinan juga sangat menyesalkan ternyata masih terdapat oknum yang secara sengaja memanfaatkan kegiatan werving sebagai ajang memperkaya diri. Dengan demikian pada kesempatan ini secara pribadi saya mengajak kepada panitia sekalian untuk meningkatkan fungsi pengawasan selama kegiatan dan bersama-sama membangun TNI AD ini melalui kegiatan rekrutmen prajurit TNI AD yang transparan, obyektif dan akuntabel sehingga diperoleh kualitas sdm yang profesional dan unggul demi kemajuan TNI AD di masa depan,” ujarnya.

Disamping itu, ia mengharapkan melalui kegiatan sidang agar dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas sehingga yang terpilih adalah benar benar sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

“Saya juga berharap peserta sidang memperhatikan setiap calon secara seksama dari tinjauan berbagai aspek yang obyektif dan meninggalkan berbagai kepentingan pribadi. Meskipun kegiatan penerimaan kali ini terdapat berbagai dinamika dan perubahan namun para panitia Sub Panpus dan daerah telah mampu berbuat yang terbaik di tengah keterbatasan yang ada serta menunjukan dedikasi dan loyalitas yang luar biasa terhadap panggilan tugas,” ungkapnya.

Diakhir, ia pun menyampaikan beberapa perhatiannya kepada para panitia sidang diantaranya laksanakan pemilihan dengan teliti dan cermat sehingga calon yang terpilih adalah benar-benar berkualitas dan memenuhi persyaratan, hilangkan kepentingan pribadi yang dapat merugikan calon maupun organisasi.

“Berikan penjelasan kepada calon yang tidak lulus dengan baik sebagai bahan evaluasi yang bersangkutan untuk perbaikan bila ikut seleksi kembali serta laksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan kegiatan agar kedepan lebih optimal dan tepat sasaran sesuai perintah pimpinan Angkatan Darat yang harus dipedomani,” kata Aspers Kasad.

Pada kesempatan ini, Pangdam juga mengajak kepada seluruh Katim Rik/UJi untuk sejenak berdoa menundukkan kepala, mendoakan yang terbaik atas berulang tahunnya ke 57 tahun Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

(Pendam XVIII/Ksr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.