Babinsa Bersama Petani Bajak Lahan Pertanian Secara Tradisional

Bolmut6 views

B O L M U T – – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serma Mislin membantu petani membajak sawah untuk penyiapan lahan tanaman jagung seluas satu hektar di Desa Kuhanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kamis (08/12/2022).

Seperti diketahui bahwa sejak zaman dahulu, Indonesia dikenal sebagai negara agraris dimana masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani. Baik sebagai petani sawah maupun sebagai petani ladang. Untuk itu para petani memanfaatkan tenaga sapi atau kerbau untuk membajak lahan pertaniannya.

Walaupun kemajuan teknologi modern seperti tractor atau jenis motor pembajak sawah lainnya sudah ada namun masih terbatas, Babinsa bersama petani di Desa Kuhanga ini antusias dan semangat menggunakan sapi untuk membajak lahan pertanian seluas satu hektar yang rencananya akan ditanami jagung.

Dilahan tersebut, dengan menggunakan dua ekor sapi milik petani, Babinsa Serma Mislin bersama Rifai Humalidi sang pemilik lahan bergantian membajak lahan pertanian.

Ditempat terpisah, Danramil 1303-15/Bintauna Letda Inf Haris Hulinggi menuturkan, Kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam menjalankan program pemerintah terkait dengan Ketahanan Pangan mempunyai nilai jual tersendiri. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai jalinan memperkuat tali silaturahmi antara TNI bersama warga binaannya.

“Sehingga mampu mempererat hubungan antara TNI bersama Rakyat yang bilamana terjadi segala sesuatu di wilayah bisa langsung berkoordinasi dengan Babinsa,” ujar Danramil.

Sedangkan, Rifai Humalidi pemilik lahan merasa sangat senang dengan kegiatan yang terlaksana, dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat, Kegiatan ini di samping menyukseskan program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, juga menambah erat hubungan emosional antara petani bersama TNI.