Serka Ramli Laksanakan Pengambilan Data Anak Stunting di Wilayah Binaan

Kotamobagu3 views

KOTAMOBAGU – – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu Serka Ramli melaksanakan pengumpulan data teritorial (Puldater), yakni pengambilan data anak stunting yang bertempat di Kantor Kelurahan Mongondow Kota Kotamobagu, Kamis (13/04/2023).

Serka Ramli menuturkan, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program stunting pemerintah pusat untuk pencegahan bagi anak, dimana saat ini masih ada kasus stunting yang ditemukan di lapangan, sehingga untuk mengetahuinya dimana tempat tinggal dan jumlahnya, untuk itu kami mencari data yang akurat.

“Sosialisasi upaya-upaya pencegahan stunting kepada pemerintah di wilayah dan kader-kader Posyandu diperlukan juga peran serta semua pihak yang sangat dibutuhkan untuk mencegah stunting ini terjadi. Pencegahan dapat dilakukan dengan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat serta pemenuhan gizi yang seimbang bagi ibu hamil dan anak,” ungkapnya.

Babinsa juga menjelaskan, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu para ibu hamil, agar dapat menjalani proses kehamilan dengan lancar dan menjaga kesehatan ibu secara langsung sehingga memiliki nutrisi yang terpenuhi dengan baik, seperti biskuit makanan tambahan ibu hamil hanyalah pelengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin.

“Penentuan data stunting sangat diharuskan untuk mencegah terjadinya kelalaian dalam menangani gizi buruk pada balita usia dini. Dengan kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, banyak orang tua tidak tahu, tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan anak,” ujar Serka Ramli.

Ditambahkannya, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa selaku aparat teritorial dalam melaksanakan pembinaan dan pendampingan di wilayah binaan.

“Kami selaku Babinsa di wilayah binaan akan terus meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program-program pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *