Kasdim 1303/Bolmong Hadiri Upacara HUT Kota Kotamobagu Ke-16

Kotamobagu5 views

KOTAMOBAGU – – Kepala Staf Kodim 1303/Bolaang Mongondow Mayor Arh Achmad Janis menghadiri kegiatan upacara Hari Ulang Tahun Kota Kotamobagu Ke-16 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 tahun 2023, Selasa (23/05/2023).

Dengan mengangkat tema “Tingkatkan Kinerja Kota Jasa Dan Perdagangan Dengan Menjaga Budaya Lokal” berlangsung di lapangan olahraga Kelurahan Motoboi Kecil Kota Kotamobagu.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan untuk Komandan Upacara adalah Sahaya S. Mokoginta, S.STP, M.E (Kasat Pol-PP Kota Kotamobagu).

Dalam sambutannya, Ir Hj Tatong Bara mengatakan, Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kepada kita semua untuk menjadikan peringatan HUT Kota Kotamobagu sebagai momentum refleksi atas apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu dan pejuang pembentukan Kotamobagu serta apa yang telah kita semua upayakan dalam rangka mewujudkan cita-cita untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

“Alhamdulillah dalam kurun waktu 16 tahun sejak terbentuk sebagai daerah otonom baru pada tanggal 23 Mei tahun 2007, Daerah Kotamobagu saat ini telah banyak mengalami berbagai perubahan, perkembangan serta kemajuan di berbagai bidang. Hal tersebut dapat dilihat dari suksesnya pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan di daerah ini serta berbagai kemajuan, kesuksesan, serta pencapaian yang sangat membanggakan yang telah berhasil diraih oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam kurun waktu 16 tahun yang terakhir,” ujar Walikota.

Pesatnya pembangunan dan kemajuan di Kotamobagu saat ini juga dapat dilihat dari tersedianya berbagai fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti pembangunan fasilitas kesehatan dan fasilitas Pendidikan serta pembangunan berbagai sarana dan prasarana diberbagai bidang yang tentunya bertujuan agar dapat memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat.

“Selain itu, Pemerintah Kotamobagu juga terus melakukan berbagai upaya dalam rangka untuk meningkatkan sentra sentra perekonomian, peningkatan kemampuan daya saing para pelaku usaha mikro kecil dan menengah serta memberikan berbagai jenis bantuan demi peningkatan kemampuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” ucapnya.

Perkembangan daerah Kotamobagu dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi dimana berdasarkan data terakhir dari Badan Pusat Statistik, dimana pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu adalah 0,20 persen kemudian naik pada tahun 2021 menjadi 4,20 persen dan terus naik pada tahun 2022 yaitu sebesar 5,15 persen.

Berkat sinergitas yang sangat baik dari semua pihak dalam kurun waktu 16 tahun terakhir, pemerintah daerah serta masyarakat Kotamobagu juga berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan baik itu dari pemerintah Sulawesi Utara maupun pemerintah pusat.

“Beberapa penghargaan yang berhasil kita raih bersama tersebut diantaranya adalah diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI sebanyak 10 kali berturut-turut, Piala Adipura, Kota Layak Anak, Penghargaan Kota Peduli HAM, Penghargaan Kota Sehat, Penghargaan Atas Pengelolaan APBD, Juara pertama penanaman pohon tingkat Nasional, BKN Award atas pengelolaan kepegawaian, serta berbagai penghargaan lainnya baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Walikota mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kotamobagu dan semua pihak yang selama ini terus memberikan dukungan dalam menyukseskan pembangunan di daerah tercinta ini.

Turut hadir, Nayodo Koerniawan, S.H (Wakil Walikota Kota Kotamobagu), Abdullah Mokogita, S.H, M.Si (Mewakili Gubernur Provinsi Sulut), Kolonel Arm Novi Herdian, S.H, M.M (Kasi Log Korem 131/Stg mewakili Danrem 131/Santiago), AKBP Bambang Ashari Gatot, S.I.K (Mewakili Kapolda Sulut), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si (Bupati Boltim), Fernando Butar-Butar (Ketua Bank Indonesia Provinsi Sulut), Meiddy Makakalag, S.T (Ketua DPRD Kota Kotamobagu), AKBP Dasveri Abdi, S.I.K (Kapolres Kotamobagu), AKBP Sugeng Setyo Budi, S.I.K, M.Tr. Opsla (Kapolres Boltim), Letnan Dua Laut Wijanarko Kusuma (Mewakili Danlantamal VIII), Chairul Mokoginta, S.H (Mewakili Ketua Kejaksaan Negeri Kotamobagu), Asep Irfan Helmi, S.H, M.H (Ketua Pengadilan Agama Kota Kotamobagu), Kapten Cpm Asrianto (Dansub Denpom XIII/1-4 Bolmong), Anwarsono (BIN), Sofyan Mokoginta, S.H (Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Kotamobagu), Dra. Hj. Marlina Moha Siahaan (Staf Khusus Walikota Pemerintah Kota Kotamobagu), Para Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Para Asisten Pemerintah Kota Kotamobagu, Para Pimpinan OPD Pemerintah Kota Kotamobagu, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa Se- Kecamatan Kotamobagu serta Tamu dan undangan.