Kodam XVIII/Kasuari Gelar Sidang Pantukhir Komcad Panitia Seleksi Kompetensi TA. 2023

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Kodam XVIII/Kasuari gelar sidang pantukhir Komponen Cadangan (Komcad) panitia seleksi kompetensi Kodam XVIII/Kasuari TA. 2023, di aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Jumat (5/5/2023).

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Tamimi Hendra Kesuma, S.H., M.A.P., saat membacakan amanat tertulis Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh panitia seleksi yang telah bekerja maksimal dari awal hingga sampai pada tahap pemantauan akhir yang akan kita laksanakan pada hari ini.

”Saya berharap personel Komcad yang terpilih adalah betul-betul personel yang memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan baik secara fisik dan nonfisik sebelum masuk pada tahap pendidikan dan latihan pembentukan di Rindam XVIII/Kasuari,” ucapnya.

Kehadiran Komcad akan memperkuat TNI sebagai komponen utama pertahanan Negara, pada situasi yang genting, Komcad akan sangat dibutuhkan untuk membantu TNI di bidang pertahanan.

”Dihadapan kita semua telah dihadirkan peserta seleksi yang siap untuk dididik menjadi Komponen Cadangan untuk ditempatkan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, kita akan memilih calon-calon terbaik untuk dipersiapkan menjadi personel Komponen Cadangan”.

”Saya minta, seluruh panitia seleksi lakukan tugas pemantauan akhir ini dengan baik, lakukan pengamatan dengan teliti, yang melingkupi seluruh aspek baik fisik, kesehatan, akademik dan juga aspek kepribadian dan kesamaptaan, sehingga dapat diminimalisir kesalahan prosedur yang berdampak pada proses pendidikan dan latihan komcad nantinya,” ujarnya.

Pangdam dalam amanatnya juga mengtakan agar para panitia seleksi untuk melakukan tugas mulia ini dengan sungguh-sungguh karena menurutnya ini bukanlah tugas yang ringan dalam memilih pemuda-pemuda yang terbaik dari Papua Barat dan Papua Barat Daya.

”Kita akan merekrut sebanyak 200 orang, selanjutnya akan mengikuti tahap pendidikan dan pembentukan menjadi anggota Komponen Cadangan yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar militer serta ketahanan pangan dan kondisi jasmani yang samapta,” ungkap Aster.

Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida, hal tersebut berdasarkan pada peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021, tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Kasubdit Rendia Dit Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Arm Rudi Setiawan para Ketua Panitia seleksi dan 293 calon Komcad.

(Pendam XVIII/Ksr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *