Pimpin Upacara 17an Bulan Mei, Dandim Bolmong Bacakan Amanat Kasad

Kotamobagu3 views

KOTAMOBAGU – – Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker S.Sos memimpin upacara 17-an di bulan Mei tahun 2023 yang bertempat di Makodim 1303/Bolmong, Rabu (17/05/2023).

Dalam hal ini, Dandim 1303/Bolmong bertindak sebagai inspektur upacara, untuk Perwira Upacara Kapten Inf Janssen Neang, Komandan Upacara Peltu Lukas (Plh Danramil 1303-12/Sangtombolang), Pembaca UUD 1945 Sertu Abdul Rajak, Pengucap Sapta Marga Serda Richardo Manurung dan pembaca Panca Prasetya Korpri PNS Ahami Mokodanga.

Dalam amanat Kasad Jendral TNI Dudung Abdurchman yang dibacakan oleh Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker, S.Sos mengatakan, Kasad menyampaikan rasa terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tinginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS AD, sehingga dapat melaksanakan tugas yang diamanatkan dengan baik.

“Kita juga patut bersyukur, event regional KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah berlangsung dengan lancar dan aman. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari pelaksanaan tugas kita dalam pengamanan VVIP secara profesional, proporsional dan humanis, serta selalu bersinergi dengan Polri dan semua unsur yang terlibat. Suksesnya penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 ini, juga akan membuat citra bangsa Indonesia di mata ASEAN dan dunia semakin baik,” ucap Dandim Bolmong.

Di samping itu, kebijakan-kebijakan TNI AD untuk mendukung program-program pemerintah di bidang sosial kemasyarakatan juga terus dilaksanakan secara serius oleh seluruh jajaran, agar semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal tersebut tentu saja memberikan kontribusi positif, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI akan semakin meningkat dan sekaligus menjadi indikator yang menunjukkan bahwa masyarakat menaruh harapan besar kepada TNI.

“Oleh karenanya, saya berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS maupun keluarganya, jangan membuat tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik TNI dan melukai hati rakyat dengan perilaku arogan maupun emosi yang tidak terkontrol saat bersinggungan dengan masyarakat,” ujar Dandim.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kasad mengingatkan bahwa dalam memasuki tahun politik, potensi ancaman terhadap kedaulatan negara dan persatuan bangsa semakin meningkat akibat polarisasi kepentingan politik antar kelompok atau golongan.

“Oleh karena itu, saya menekankan kembali agar seluruh prajurit TNI AD sebagai alat negara untuk tetap memegang teguh komitmen netralitas dan berdiri di atas kepentingan bangsa dan negara. Jangan ada prajurit TNI AD yang terjebak dalam politik praktis dan terseret oleh kepentingan pribadi atau kelompok dan golongan tertentu. Kita harus mampu memainkan peranan sebagai penyejuk suasana dan menjadi katalisator serta pemersatu dari semua lapisan masyarakat,” tutur Dandim Bolmong.