Gelar Karya Bakti: Anggota Koramil Bolaang Uki, Polsek, dan Warga Bersihkan Pasar Tradisional

B O L S E L – – Dalam semangat gotong royong dan kebersamaan, anggota Koramil 1303-08/Bolaang Uki dan Polsek setempat bersama warga melaksanakan kegiatan karya bakti dengan sasaran membersihkan pasar tradisional di Desa Soguo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat bagi para pedagang dan pengunjung pasar, Sabtu (25/05/2024).

Sejak pagi hari, para anggota TNI dari Koramil Bolaang Uki, anggota Polri dari Polsek, serta warga sekitar berkumpul di area pasar. Dengan membawa peralatan kebersihan seperti sapu, cangkul, dan keranjang sampah, mereka bekerja sama membersihkan seluruh area pasar. Tidak hanya area jual beli, namun juga saluran drainase dan lingkungan sekitar pasar tak luput dari perhatian.

Danramil 1303-08/Bolaang Uki Lettu Inf Bustoming Toluhu menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara TNI, Polri, dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kebersihan pasar ini sangat penting, karena pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Dengan lingkungan yang bersih, tentu akan mendukung kesehatan dan kenyamanan para pedagang serta pengunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Bolaang Uki AKP Chandra menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap dapat membangun kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga kebersihan. Ini bukan hanya tugas petugas kebersihan pasar, tapi tugas kita semua,” katanya.

Partisipasi warga dalam kegiatan ini juga sangat antusias. Ibu Siti, salah satu pedagang sayur di pasar tersebut, mengaku senang dengan adanya kegiatan karya bakti ini. “Kami merasa sangat terbantu dengan adanya bapak-bapak TNI dan polisi yang turun langsung membantu membersihkan pasar. Semoga kegiatan seperti ini sering dilakukan, agar pasar kita selalu bersih dan nyaman,” tuturnya dengan senyum.

Kegiatan karya bakti ini berlangsung selama beberapa jam dan berhasil membersihkan seluruh area pasar. Melalui kegiatan ini, tercermin nilai-nilai kebersamaan, gotong royong, dan kepedulian terhadap lingkungan. Karya bakti yang dilakukan oleh anggota Koramil, Polsek, dan warga setempat ini diharapkan dapat menjadi contoh dan memotivasi daerah lain untuk melakukan hal serupa demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.