Koramil Kaidipang Bersama Warga Bersihkan Saluran Air, Kolaborasi Harmonis dengan Ibu-Ibu dalam Karya Bakti

B O L M U T – – Sebuah pemandangan yang sarat akan semangat kebersamaan dan gotong royong tampak di Kecamatan Kaidipang pagi ini. Anggota Koramil 1303-13/Kaidipang, bersama warga, bergotong royong membersihkan saluran air dalam rangka kegiatan karya bakti. Yang menarik perhatian adalah partisipasi aktif dari ibu-ibu yang turut membantu dalam kegiatan ini, mencerminkan keharmonisan antara TNI dan Masyarakat, Kamis (23/05/2024).

Kegiatan yang digelar sejak pukul 07.00 Wita ini berlangsung di salah satu saluran air utama yang melintasi pemukiman warga yang berada di Desa Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Danramil 1303-13/Kaidipang Kapten Inf Demeysus Abraham mengungkapkan bahwa karya bakti ini merupakan bagian dari upaya Koramil dalam mendukung kebersihan lingkungan serta mengantisipasi musim hujan yang sering kali membawa ancaman banjir.

“Saluran air yang bersih adalah kunci untuk mencegah banjir di musim hujan. Kami ingin memastikan tidak ada sumbatan yang bisa menghambat aliran air. Kerja sama dengan warga sangat penting, dan kami sangat mengapresiasi dukungan dari ibu-ibu yang turut serta dalam kegiatan ini” ujar Danramil.

Ibu-ibu yang terlibat dalam kegiatan ini tampak antusias. Mereka membawa alat-alat sederhana seperti sapu lidi, sekop, dan ember. Kehadiran mereka tidak hanya membantu meringankan pekerjaan, tetapi juga memberikan semangat tambahan bagi para anggota TNI dan warga lainnya.

“Saya merasa senang bisa ikut membantu. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk lebih mengenal tetangga dan anggota TNI,” ujar Ibu Santi Dunggio, salah satu warga yang ikut dalam karya bakti tersebut. “Dengan saluran air yang bersih, kita juga merasa lebih aman dari ancaman banjir dan serangan penyakit seperti demam berdarah,” imbuhnya.

Karya bakti ini tidak hanya menjadi ajang kerja bakti membersihkan lingkungan, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi antara TNI dan masyarakat. Saling bercanda dan bekerja sama tanpa sekat, mereka menunjukkan bahwa kebersamaan adalah kunci dalam menghadapi berbagai tantangan.

Pak Usman Tahir, Salah seorang tokoh Masyarakat di Desa Boroko mengungkapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif Koramil. “Kami sangat berterima kasih kepada Koramil dan ibu-ibu yang telah meluangkan waktu dan tenaganya. Semoga kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita,” tuturnya dengan singkat.

Dengan selesainya kegiatan, saluran air kembali bersih dan lancar. Harapan semua pihak agar musim hujan mendatang tidak membawa banjir ke wilayah mereka. Karya bakti ini menjadi bukti nyata bahwa gotong royong dan kebersamaan mampu mengatasi segala tantangan, menjaga lingkungan, serta memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat.