Pembangunan RTLH TMMD Ke-120 Masuk Tahap Pondasi: Harapan Baru untuk Suman Laya

B O L T I M – – Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolaang Mongondow terus memberikan dampak positif bagi masyarakat desa. Salah satu program unggulannya adalah pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), kini telah mencapai tahap pondasi di Desa Modayag Tiga Kabupaten Boltim. Program ini menjadi angin segar bagi warga yang selama ini hidup dalam kondisi kurang layak, Jumat (17/05/2024).

Suman Laya (42), seorang petani yang menjadi salah satu penerima manfaat, tidak dapat menyembunyikan rasa harunya. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI. Rumah yang dulu reyot dan hampir roboh, kini mulai berdiri kokoh. Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi keluarga saya,” ujarnya sambil menyeka air mata kebahagiaan.

Proses pembangunan yang dimulai beberapa hari yang lalu, melibatkan gotong royong antara anggota TNI dan warga desa. Kolaborasi ini tidak hanya mempercepat pengerjaan, tetapi juga mempererat tali silaturahmi di antara mereka. “Kami sangat terbantu dengan kehadiran bapak-bapak TNI. Mereka bekerja tanpa kenal lelah bersama kami,” kata Ibu Mufidasaro, tetangga Pak Suman Laya.

Pasiter Kodim 1303/Bolaang Mongondow Kapten Arm Chandra Bintang Nurcahya, menjelaskan bahwa tahap pondasi ini merupakan fase penting dalam pembangunan RTLH. “Pondasi yang kuat akan memastikan rumah ini dapat bertahan lama dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi penghuninya. Kami berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan ini tepat waktu dan dengan kualitas yang terbaik,” ucapnya.

Program RTLH di Desa Modayag Tiga tidak hanya memberikan rumah layak huni, tetapi juga membawa harapan baru bagi warganya. Dengan adanya rumah yang lebih layak, diharapkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa akan meningkat. Program ini juga menjadi bukti nyata bagaimana sinergi antara TNI dan masyarakat bisa menciptakan perubahan positif.

Pak Suman Laya dan keluarganya kini bisa melihat masa depan yang lebih cerah. Anak-anak mereka tidak lagi perlu khawatir akan atap bocor saat hujan atau dinding yang retak. “Kami berharap, ke depan semakin banyak desa yang mendapatkan program seperti ini. Karena benar-benar membawa perubahan besar dalam kehidupan kami,” harap Pak Suman.

Pembangunan RTLH oleh TMMD di Desa Modayag Tiga menjadi simbol harapan dan bukti bahwa di tengah keterbatasan, masih ada uluran tangan yang siap membantu. Program ini tidak hanya membangun rumah, tetapi juga membangun mimpi dan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat desa.