Satgas TMMD Bersama Warga Angkat Pipa Menuju Sumber Air dalam Program Pipanisasi

B O L T I M – – Dalam rangka meningkatkan akses air bersih bagi warga, Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim 1303/Bolaang Mongondow bekerja sama dengan masyarakat Desa Modayag Tiga melaksanakan program pipanisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengalirkan air dari sumber mata air di pegunungan menuju desa yang selama ini mengalami kesulitan air bersih, Selasa (21/05/2024).

Sejak pagi hari, anggota Satgas TMMD ke-120 dan warga desa bahu-membahu mengangkat pipa sepanjang beberapa kilometer menuju sumber air di daerah perbukitan. Komandan Satgas TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Fahmil Harris SIP mengatakan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya TNI dalam membantu masyarakat pedesaan meningkatkan kualitas hidup melalui penyediaan infrastruktur dasar.

“Kami berharap dengan adanya program pipanisasi ini, masyarakat Desa Modayag Tiga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Ini adalah salah satu wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar Dansatgas TMMD ke-120.

Warga desa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Menurut salah satu warga, Ibu Fenny, program ini sangat membantu mereka yang selama ini harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih. “Dengan adanya pipa ini, kami tidak perlu lagi mengambil air ke gunung. Ini sangat meringankan beban kami, terutama para ibu rumah tangga,” katanya.

Selain program pipanisasi, Satgas TMMD juga mengadakan kegiatan lain seperti pembukaan jalan Perkebunan sepanjang 1.560 meter, rehab Rumah Tinggal Layak Huni atau RTLH, dan penyuluhan kesehatan. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan pipanisasi ini tidak hanya menunjukkan semangat gotong royong antara TNI dan masyarakat, tetapi juga memperkuat hubungan antara keduanya. Program TMMD ke-120 ini dijadwalkan berlangsung selama satu bulan dan diharapkan selesai tepat waktu sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya.

Dengan adanya program-program seperti ini, diharapkan desa-desa terpencil di Indonesia dapat lebih maju dan masyarakatnya mendapatkan akses yang lebih baik terhadap fasilitas dasar seperti air bersih. Satgas TMMD berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan desa-desa di seluruh Indonesia melalui berbagai program pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.