Satgas TMMD Ke-120 Bersama Warga Gotong Royong Buat Saluran Air Bersih

B O L T I M – – Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-120 yang dilaksanakan oleh Kodim 1303/Bolaang Mongondow di Desa Modayag Tiga Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur kali ini melaksanakan pembuatan saluran air bersih atau Pipanisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan akses air bersih yang lebih mudah dan berkelanjutan.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, Satgas TMMD bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Proses pengerjaan ini meliputi pembangunan bak air, pemasangan pompa air, dan instalasi pipa distribusi yang menghubungkan sumber air dengan rumah-rumah warga, Selasa (14/05/2024).

Komandan Satgas TMMD, Letkol Inf Fahmil Harris SIP mengatakan, Proyek ini merupakan salah satu bentuk nyata pengabdian TNI kepada masyarakat. “Kami berusaha memberikan solusi atas kesulitan air bersih yang selama ini dihadapi warga Desa Modayag Tiga. Dengan adanya pengerjaan ini, diharapkan kebutuhan air bersih warga dapat terpenuhi dengan lebih baik,” ujar Dansatgas.

Sebelumnya, warga Desa Modayag Tiga harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih dari sungai terdekat. Hal ini tidak hanya memakan waktu, tetapi juga berdampak pada kesehatan, terutama bagi anak-anak dan lansia. Dengan pembuatan saluran air bersih ini diharapkan warga dapat segera mungkin menikmati akses air bersih langsung dari rumah mereka.

Salah satu warga, Ibu Fenny, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan oleh Satgas TMMD ke-120. “Kami sangat berterima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat. Sekarang kami tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mendapatkan air. Hidup kami menjadi lebih mudah dan sehat,” ucapnya.

Selain pipanisasi, kegiatan TMMD di Desa Modayag Tiga juga mencakup pembangunan infrastruktur lainnya seperti pembuatan jalan perkebunan, plat duiker, dan rehab rumah warga tidak mampu. Semua ini dilakukan dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Kegiatan TMMD ini tidak hanya menunjukkan komitmen TNI dalam membantu pembangunan desa, tetapi juga mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. Melalui program ini, diharapkan akan tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta terwujudnya desa-desa yang lebih maju dan mandiri.