Satgas TMMD Ke-120: Mengabdi Lewat Dapur, Membantu Warga Memasak dengan Tulus

B O L T I M – – Anggota Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolaang Mongondow tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur di Desa Modayag Tiga Kabupaten Boltim, namun juga memperlihatkan kepedulian mereka dengan cara yang sederhana namun penuh makna yaitu ikut membantu warga memasak di dapur, Kamis (16/05/2024).

Suasana pagi di Desa Modayag Tiga yang biasanya sunyi berubah menjadi lebih hangat dan semarak. Di salah satu rumah warga milik Samaji Soewiarno (70), beberapa anggota Satgas TMMD terlihat sibuk di dapur dan menyiapkan hidangan makan bersama untuk keluarga.

“Kehadiran bapak-bapak TNI di sini sangat membantu kami. Mereka tidak hanya membangun jalan dan plat duiker, tapi juga tak segan membantu kami memasak. Rasanya seperti punya keluarga baru,” ucap mbah kung Samaji (sapaan sehari hari).

Sementara itu, Serda Tendy Sugiarto, salah satu anggota Satgas TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolmong menjelaskan, Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk lebih dekat dengan masyarakat. “Kami ingin masyarakat merasakan bahwa TNI hadir bukan hanya sebagai penjaga keamanan, tapi juga sebagai saudara yang siap membantu dalam segala situasi, termasuk di dapur,” tuturnya sambil mengoreng ikan di wajan besar.

Kerjasama antara anggota Satgas TMMD dan warga Desa Modayag Tiga menciptakan kehangatan tersendiri. Anggota TNI yang biasanya terlihat gagah dengan seragam militer, kini terlihat akrab dan santai dalam balutan asap kayu bakar dan spatula di tangan. Interaksi ini tidak hanya memperkuat ikatan emosional antara TNI dan masyarakat, tetapi juga memperlihatkan sisi humanis dari para prajurit yang seringkali tak terlihat.

Selain membantu memasak, anggota Satgas TMMD juga berbagi tips kesehatan dan kebersihan, serta pentingnya gizi seimbang. “Kami juga belajar banyak dari ibu-ibu di sini tentang resep tradisional dan cara memasak yang enak. Ini pengalaman berharga bagi kami,” kata Serda Tendy sambil tersenyum.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Modayag Tiga Hariyanto Mamonto S. AP mengucapkan rasa terima kasihnya atas keterlibatan aktif TNI dalam berbagai aspek kehidupan desa. “Bantuan mereka di dapur mungkin terlihat sederhana, tetapi dampaknya sangat besar. Ini menunjukkan bahwa TNI benar-benar hadir di tengah-tengah kami, merasakan apa yang kami rasakan,” ungkapnya.

Dengan hadirnya anggota Satgas TMMD di dapur warga, Desa Modayag Tiga bukan hanya merasakan manfaat dari pembangunan fisik, tetapi juga mendapatkan kehangatan dan kebersamaan yang mendalam. TNI dan masyarakat Desa Modayag Tiga pun semakin solid dalam kebersamaan dan gotong royong, menciptakan harmoni yang indah dalam kehidupan sehari-hari.