Kasdam XIII/Merdeka Serahkan Kunci RTLH Milik Bapak Suman dalam Program TMMD ke-120

B O L T I M – – Tangis haru bercampur bahagia terlihat di wajah Bapak Suman Laya (58) dan keluarganya saat Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto SE MSi, meninjau dan menyerahkan kunci rumah layak huni (RTLH) yang baru selesai direnovasi dalam program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolaang Mongondow.

Acara serah terima yang berlangsung di Desa Modayag Tiga Kabupaten Boltim ini, menjadi momen istimewa yang penuh makna bagi keluarga Bapak Suman Laya dan seluruh warga desa, Jumat (07/06/2024).

Rumah milik Bapak Suman sebelumnya berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Dindingnya yang terbuat dari bambu sudah banyak yang lapuk, dan atapnya bocor di berbagai tempat. Namun, berkat program TMMD yang digerakkan oleh Kodim 1303/Bolaang Mongondow, rumah tersebut kini telah berubah menjadi rumah yang kokoh dan layak huni, memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya.

“Saya sangat berterima kasih kepada TNI, terutama Kodim 1303/Bolmong, yang telah membantu kami memiliki rumah yang layak. Ini adalah impian kami yang menjadi kenyataan. Kami tidak akan pernah melupakan kebaikan ini,” ujar Bapak Suman dengan penuh rasa syukur.

Sementara itu, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto SE MSi mengatakan bahwa program renovasi RTLH merupakan bagian dari upaya TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Penyerahan kunci rumah ini adalah simbol dari komitmen kami untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat, membantu mereka yang membutuhkan. Kami berharap rumah ini dapat memberikan kehidupan yang lebih baik dan layak bagi keluarga Bapak Suman,” ucapnya.

Acara serah terima kunci ini dihadiri oleh Brigjen TNI Wakhyono SSos MIP (Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka), Martin Susilo Martopo Turnip SH MH (Danrem 131/Santiago), AKBP Agung Setya Budi Mtr opsla (Kapolres Boltim), Ir Sonny Warokka Phd (Sekda Boltim), tokoh masyarakat, dan warga setempat yang ikut merasakan kebahagiaan keluarga Bapak Suman.

Kepala Desa Modayag Tiga Hariyanto Mamonto S. AP menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh TNI. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI. Bantuan ini sangat berarti bagi keluarga Bapak Suman dan menjadi bukti nyata kepedulian TNI terhadap masyarakat desa kami,” tuturnya.

Program TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolaang Mongondow ini telah membawa perubahan positif bagi Desa Modayag Tiga dan sekitarnya. Tidak hanya dari segi pembangunan fisik, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Semangat gotong royong dan kebersamaan yang terjalin selama program ini diharapkan dapat terus berlanjut, mempererat hubungan antara TNI dan rakyat.

Penutupan TMMD ke-120 ini menandai akhir dari program yang telah berjalan selama beberapa waktu, namun semangat dan hasil yang telah dicapai akan terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kehadiran TNI yang selalu siap membantu dan mendukung kesejahteraan rakyat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus bekerja sama membangun desa yang lebih baik dan sejahtera.