oleh

Babinsa Bersama Petani Bersihkan Gulma Tanaman Padi

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Kopda Moh Junaedi bantu petani cabut rumput (Gulma) yang menggangu Perkembangan padi di sawah milik Bapak Jahin Mokodompit dengan luas lahan 0,5 hektar yang terletak di Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu, Selasa (27/10/2020).

Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pada kesempatan tersebut Kopda Moh Junaidi mengatakan gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi dan Gulma pada tanaman padi harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik dan apabila di biarkan maka padi yang ditanam akan lambat perkembangannya.

“Gulma adalah salah satu kendala utama dan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” ujar Kopda Junaedi.

Sementara itu, Bapak Jahin Mokodompit pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih. “Berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa tercapai,” tutur Bapak Jahin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed