oleh

Babinsa Bantu Petani Cabut Bibit Padi Siap Tanam

-Bolmut-1 views

B O L M U T – Para petani di beberapa desa wilayah Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dalam satu bulan terakhir ini memulai tanam padi. Kegiatan tanam padi ini tentunya diawali dengan ketersediaan bibit padi siap tanam.

Pemandangan menarik, kegiatan cabut bibit padi ini mendapat pendampingan dari Babinsa Koramil 1303-13/Kaidipang, salah satunya Sertu Harun Idrus Datunugu yang turun langsung mendampingi dan membantu proses cabut bibit padi siap tanam di Desa Bigo Selatan, Selasa (10/11/2020).

Sertu Harun Idrus Datunugu mengatakan, pencabutan bibit padi dengan varietas Serayu ini berlangsung di lahan milik Bapak Hamid Harunja (50) dilahan seluas 1,5 hektar.

Ditambahkan Babinsa, benih padi yang disemai hampir satu bulan, kini sudah siap ditanam di lahan yang sudah dipersiapkan petani. “Mencabut bibit padi siap tanam ini dilakukan secara manual dan dialokasikan untuk lahan seluas satu hektar,” ucapnya.

Sementara itu, Plh Danramil 1303-13/Kaidipang Pelda Tenny Warouw mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan Babinsa bertujuan membantu petani dalam mengotimalkan percepatan tanam di desa binaan.

“Tentunya kita berharap dalam satu kawasan masa tanam bisa serempak atau paling tidak tidak terlalu jauh berbeda sehingga saat masa pertumbuhan tanaman padi dapat terhindar dari serangan hama tanaman,” ujarnya.

“Aktivitas (pendampingan) ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayah sesuai yang diprogramkan pemerintah,” tutur Pelda Tenny Warouw.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed