oleh

Pulihkan Ekosistem Laut, Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Tanam Mangrove

-Bolsel-8 views

B O L S E L – Sebagai bentuk kepedulian akan kelestarian Laut. Babinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki Serda M. Yusuf Saeni bersama warga menanam pohon Mangrove di pesisir pantai Desa Transpatoa Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu (02/12/2020).

Penanaman pohon Mangrove itu upaya mengembalikan kondisi pesisir pantai yang dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Mangrove ini tumbuh khususnya di tempat-tempat dimana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik.

Penanaman mangrove ini merupakan suatu program dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bolsel dimana peran aktif masyarakat setempat sangat dibutuhkan dan diketuai oleh Kepala Dusun Bapak Basri Manope.

Saat dikonfirmasi, Danramil 1303-08/Bolaang Uki Kapten Inf Demeysus Abraham mengatakan, kegiatan penanaman itu diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk keamanan wilayah pesisir dengan mengurangi dampak dari abrasi, badai, angin siklon hingga tsunami.

Selain itu, hutan mangrove dapat membawa keanekaragaman hayati dan menjadi sumber penghidupan bagi berbagai macam jenis binatang laut, sepert ikan, kepiting dan lainnya.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menyokong kehidupan nelayan serta masyarakat lokal,” ucap Danramil Bolaang Uki.

Sementara itu, Bapak Basri Manope menuturkan keberadaan TNI, diharapkan dapat mengayomi dan membantu masyarakat serta memberikan kontribusi di wilayah bertugas.

“Tugas TNI, selain merumuskan kebijakan tentang upaya peningkatan peran, fungsi untuk menghadapi ancaman era globalisasi juga berperan penting membantu masyarakat dalam kegiatan sosial,” tutur Bapak Basri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed