oleh

Kodim 1303/Bolmong Gelar Pembinaan Saka Wira Kartika

KOTAMOBAGU – Kodim 1303/Bolaang Mongondow menyelenggarakan kegiatan Saka Wira Kartika yang bertempat di Aula Totabuan Makodim 1303/Bolmong, Kamis (19/11/2020) kemarin.

Kegiatan tersebut, dalam rangka membina karakter dan kedisiplinan bagi sejumlah Siswa Pramuka yang berasal dari beberapa sekolah di Kota Kotamobagu.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian Pembinaan Teritorial (Binter) Kodim 1303/Bolaang Mongondow yang salah satu sasarannya adalah pembinaan pramuka. kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari pembina, pendukung dan peserta Pramuka.

Usai pelaksanaan pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan paraktek materi Lima Krida Pramaku yaitu Pendidikan Baris Berbaris (PBB), Tali Temali (Pioner), Orientasi Peta dan Kompas (Navrad), Survival dan naik turun hesti (Outboand).

Terpantau, kegiatan ini berjalan tertib dan aman serta para anggota Pramuka yang terlibat terlihat sangat antusias tanpa mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes). Dengan harapan kedepan kegiatan tersebut terus berlanjut guna pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti.

Saat dikonfirmasi, Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution SIP menjelaskan Saka Wira Kartika ini merupakan Saka binaan TNI-AD, tidak jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya, namun memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida.

Tiap Krida memiliki spesifikasi materi pendidikan yang berbeda dengan krida lainnya, diantaranya adalah Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

“Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yang dibentuk lewat kerja sama Kwartir Nasional dengan TNI-AD,” ucap Dandim Bolmong.

Lebih lanjut, Letkol Inf Raja Gunung menuturkan tujuan pembentukan kader Saka Wira Kartika di Kodim 1303/Bolmong adalah untuk mengembangkan pendidikan bela negara, memberikan pengetahuan tentang Pertahanan, Keamanan kepada generasi muda.

“Diharapkan nantinya, Pramuka sebagai generasi muda mudi yang harus memiliki ketangkasan dilapangan baik Tali temali, penanggulangan bencana dan Mountenering serta Navrad,” tutur Dandim Bolmong.

Bertindak sebagai pemberi materi pada kegiatan pengkaderan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1303/Bolmong adalah Pasi Ter Kapten Inf Muyassir SIP, Pelda Jupriyanto Birah, Sertu Heriman, Serda Deni Syam, Serda Joko Santoso dan Serda Suparman Mamonto.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed