oleh

Kodim 1303/Bolmong Gelar Rapat Persiapan Akhir Latgunbencal

KOTAMOBAGU – Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution S.IP pimpin rapat koordinasi pemantapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgunbencal) bertempat di Aula Totabuan Makodim 1303/Bolmong Kota Kotamobagu, Jumat (16/10/2020).

Dalam arahannya, Letkol Inf Raja Gunung Nasution S.IP menyampaikan, Latihan Latgunbencal ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020 di Desa Sangkub Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Dalam latihan penanggulangan bencana alam tersebut nantinya akan dilibatkan 375 prajurit dari seluruh jajaran Kodim 1303/Bolmong. Hal tersebut untuk mengantisipasi bencana alam seperti banjir mengingat sudah mulainya musim penghujan,” ujar Dandim.

“Dengan demikian tujuan dilaksanakannya Latgunbencal ini untuk memelihara dan meningkatkan Kemampuan satuan komando wilayah (Sat Kowil) dalam melayani masyarakat disaat mendapatkan kesulitan,” ucap Dandim Bolmong.

Rapat ini digelar untuk menyamakan persepsi dari kodim dan pemda Bolmut rangka menangani bencana alam.

Sementara itu, Rahmat Pontoh SH MH (Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bolmut) mengatakan, Kesiapan kita dalam pelaksanaan Rakor akhir ini telah menyiapkan beberapa personel sesuai yang diminta adalah 62 personel.

“Dari ke-62 personel tersebut terdiri dari dinas penanggulangan bencana, BPD, Dinas Sosial, Kominfo, pemerintahan Kecamatan dan Desa serta keterlibatan masyarakat dalam proses simulasi nanti,” ujar Rahmat.

Dan selama pelaksanaan ini akan berlangsung selama 5 hari dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam penanganan bencana alam.

“Dengan harapan agar masyarakat memahami proses edukasi bagaimana masyarakat mampu membawa diri ketika terjadi bencana alam,” harap Rahmat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed