Guna Penguatan Hanpangan, Babinsa Dampingi Petani Desa Mopusi Bajak Sawah

Bolmong422 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serda Udin melaksanakan pendampingan pengolahan lahan sawah milik Bapak Kowa Molod anggota Kelompok Tani (Poktan) Palow Desa Mopusi Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong, Kamis (01/08/2019).

Pantauan di lapangan, pengolahan lahan di areal pertanian seluas 1 hektar ini menggunakan alat bajak modern berupa satu unit hand tracktor (traktor tangan). Pembajakan sawah ini dilakukan untuk persiapan masa tanam.

Babinsa Serda Udin mengatakan, pengolahan lahan dengan menggunakan mesin bajak modern ini merupakan fase pembalikan tanah dengan tujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.

“Dengan pembajakan maka kondisi permukaan yang semula keras dan sudah jenuh akan menjadi gembur dan melumpur. Selain itu, tanah juga akan lebih subur karena adanya unsur hara dari lapisan tanah bagian bawah sehingga saat ditanami nanti maka akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa,” terang Babinsa.

Terpisah, Plh Danramil 1303-04/Lolayan Pelda Rein Pongoh menuturkan, pendampingan yang dilakukan Babinsa dalam pengolahan lahan dan tanam padi bertujuan memotivasi petani untuk mempercepat proses tanam sehingga siklus pangan tidak terhenti atau tertunda dalam waktu lama.

“Aktivitas pendampingan ini merupakan upaya khusus Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang dilakukan TNI AD di wilayah guna penguatan kapasitas produksi pangan sekaligus membantu petani mewujudkan swasembada pangan,” pungkas Pelda Rein Pongoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *