Jaga Kualitas Hasil Panen, Babinsa Koramil Lolayan Bantu Petani Jemur Padi

Bolmong322 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serda Eko Hardyanto ikut membantu petani yang berada di Desa binaanya menjemur padi usai dipanen beberapa waktu lalu milik Bapak Hotman Makaminang di tempat penjemuran padi Desa Tanoyan Selatan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong, Kamis (31/10/2019).

“Usai petani memanen, padi tersebut langsung di jemur agar segar dan terjaga dengan baik kualitasnya ketika disimpan, agar padi tidak busuk karena hampir seluruh petani di wilayah Kecamatan Lolayan ikut menjemur padi mereka yang sudah dipanen. Selain menjaga untuk mutu padi, agar buah padi terjaga dengan baik pasca panen,” ucap Serda Eko saat dikonfirmasi.

Babinsa juga menuturkan gabah dengan kadar air yang tinggi tidak dapat langsung disimpan karena akan membusuk sehingga harus dijemur terlebih dahulu agar kadar air berkurang hingga 14% basis basah.

“Jika gabah tidak segera di jemur akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan dihasilkan dengan ditandai warna beras yang tidak bagus dan gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan,” tandas Serda Eko.

Sementara itu, Bapak Hotman Makaminang sangat mengapresiasi kerja Babinsa yang telah membantu dalam menjemur padi.

“Dengan adanya keberadaan Babinsa dalam pendampingan petani sangat membantu sekali sehingga pekerjaan petani menjadi ringan untuk dikerjakan,” tutur Bapak Hotman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *