Wujudkan Hanpangan, Babinsa Bantu Petani Jemur Padi

Bolmut655 views

B O L M U T – Penjemuran gabah atau padi hasil panen merupakan kebiasaan masyarakat di Desa Pontak, dengan harapan supaya tidak lembab, rusak, busuk dan menurunnya mutu padi pasca panen.

Pada kesempatan ini, Babinsa Koramil 1303-13/Kaidipang Sertu Harun Idrus Datunugu melaksanakan penjemuran gabah milik Bapak Eko Wahyudi warga Desa Pontak Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Rabu (13/05/2020).

“Pengeringan dengan sinar matahari merupakan cara paling sederhana dan paling murah sehingga teknik inilah yang banyak digunakan di Indonesia. Cara ini dapat diterapkan disemua metode pengeringan yang dipilih yakni dengan mempraktekkan pengeringan yang baik,” ujar Sertu Harun.

Sementara itu, Bapak Eko Wahyudi menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pengetahuan serta membimbing kelompoknya, mulai dari pentahapan dan langkah-langkah agar hasil panen maksimal baik dari pembersihan dan pembentukan lahan sampai dengan panen selesai.

Ditempat terpisah, Letda Inf Bustoming selaku Komandan Koramil 1303-13/Kaidipang mengatakan, Babinsa selaku pembimbing kelompok tani harus terus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada petani.

“Masyarakat tani harus betul-betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa ditengah-tengah kelompok tani dan diharapkan kedepan Babinsa dapat terus bersinergi agar pencapaian hasil panen dapat terus meningkat untuk mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional,” tutur Danramil Kaidipang.