Sebagai Motivator, Babinsa Bantu Petani Cabut Gulma Tanaman Padi

Bolmut369 views

B O L M U T – Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Sertu Sahruddin Tinumbia mendampingi petani Desa Batulintik Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang sedang mencabut Gulma tanaman padi, Rabu (26/08/2020).

Dalam pendampingan ini, Sertu Sahruddin juga turut ikut membantu petani mencabut gulma dilahan seluas 0,7 hektar tersebut. Ia mengatakan, pada umumnya, para petani termasuk di Desa Batulintik dalam melakukan pencabutan gulma ini dilaksanakan dengan cara manual atau memakai tangan.

“Pencabutan gulma dengan memakai tangan tentunya memerlukan tenaga, untuk itulah, kita hadir ditengah-tengah petani guna untuk memberikan motivasi dan semangat serta perhatian bagi mereka,” Ujar Sertu Sahruddin.

Dikatakannya lagi, pengendalian gulma dari tanaman padi perlu dilakukan untuk menghindari persaingan antara padi dan gulma dalam mengambil unsur hara. Selain itu, Sambung Sertu Sahruddin, dengan bersihnya gulma di sekitar tanaman padi, maka penyebaran hama penyakit padi sudah dibuat seminimal mungkin atau bahkan terputusnya media penyebar hama penyakit padi tersebut.

“Sebagai motivator, pendampingan upsus terhadap petani ini kita lakukan sejak dari awal pengolahan sawah sampai hingga panen nantinya,“ ucap Babinsa Batulintik.

Sertu Sahruddin berharap, dengan rutinnya dilakukan pendampingan itu, sekiranya dapat menunjang dan menambahkan semangat petani dalam merawat padi dalam pencapaian hasil yang optimal.