Dandim Bolmong Hadiri Giat Pertemuan Advokasi Dan Koordinasi Lintas Sektoral Pelaksanaan BIAN

Kotamobagu10 views

KOTAMOBAGU — Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos menghadiri kegiatan Pertemuan Advokasi Dan Koordinasi Lintas Sektor Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertempat di Ballroom Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu, Rabu (13/07/2022).

Dalam materi yang disampaikan oleh Ibu Mery Pasorong SKM Mkes sebagai Kepala seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara mengatakan, Imunisasi adalah suatu upaya pembentukan kekebalan tubuh atau imunitas individu secara aktif sehingga jika suatu saat terpajang dengan penyakit menular tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

“Sedangkan untuk vaksinasi adalah proses memasukkan vaksin kedalam tubuh untuk menstimulasi sistem imun tubuh dan akhirnya menjadi imun/kebal terhadap suatu penyakit menular,” ujarnya.

Imunisasi dasar lengkap saja belum cukup memberikan perlindungan terhadap PD3I karena beberapa antigen memerlukan booster atau pemberian dosis lanjutan pada usia 18 bulan, usia anak sekolah (BIAS) dan usia Dewasa (WUS).

“Komitmen global eliminasi campak dan rubela tahun 2023 karena telah terjadi peningkatan kasus campak-rubela dan merata di semua provinsi,” ucapnya.

BIAN adalah Bulan Imunisasi Anak Nasional yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Latar belakang dilaksanakannya BIAN yaitu karena capaian imunisasi pada anak tahun 2019 turun drastis dikarenakan oleh Pandemi Covid-19. BIAN Imunisasi untuk vaksin MR Campak Rubella dan Imunisasi Kejar OPV, IPV dan DPT-HB-HIB pada anak usia 9 tahun sampai dengan 59 bulan yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Irianti S. Mokodompit yang juga merupakan ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Bolmong dan juga dihadiri oleh Letkol Inf Topan Angker S.Sos (Dandim 1303/Bolmong), Julin Papuling (Kepala Dinas Kesehatan Bolmong mewakili Bupati Bolmong), Merry Pasorong SKM MKes (Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut), Irianti S. Mokodompit Usmawas SSos (Ketua Penggerak PKK Bolmong), Tahlis Gallang SIP MM (Sekretaris Daerah Bolmong), Nuhran Sega SAg (Mewakili Kepala Kementrian Agama Bolmong), Para Pimpinan Daerah Kabupaten Bolmong, Para Camat Se-Kabupaten Bolmong, tamu dan undangan.

Acara ini merupakan langkah Kabupaten Bolmong dalam persiapan menghadapi BIAN sebagai bentuk dukungan dari semua sektor untuk mensukseskan BIAN, juga dilaksanakan Komitmen Bersama semua peserta yang hadir dalam mendukung Bulan Imunisasi Anak Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *