oleh

Serka Heriman Ajarkan Cara Menanam Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik

KOTAMOBAGU — Sejumlah siswa dan Siswi dari SMK Negeri 01 Modayag Barat jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Holtikultura mendapatkan pelatihan dan pendampingan penanaman model hidroponik dari Bati Wanwil Kodim 1303/Bolaang Mongondow Serka Heriman, Rabu (03/08/2022).

Serka Heriman memberikan cara dan praktek pengolahan budidaya tanaman sayur melalui alat ramah lingkungan yang bertempat di Makodim 1303/Bolmong.

Menurutnya, ada hal positif membantu dalam proses program percepatan ketahanan pangan juga ilmu bisa bermanfaat bagi siswa dan siswi tentang cara yang cepat dalam penanaman hidroponik.

Hasil panen dari tanaman hidroponik dapat dikonsumsi sendiri atau dijual dan menjadi ecopreneur atau seorang wirausahawan yang menciptakan serta menjual produk/jasa yang ramah lingkungan dengan berlandaskan prinsip ekonomi lingkungan dan ekologi.

“Ini bukan hanya untuk alat pajangan saja, melainkan lebih melatih kepada anak-anak untuk cinta lingkungan. Ketika nanti hidroponik jalan, kebersihan di sekolah otomatis berjalan,” ujar Serka Heriman saat memberikan materi.

Sementara itu, Djusman Iskandar Mamonto SPd yang merupakan salah satu guru pendamping menuturkan, bahwa dirinya menyambut baik gagasan yang dilakukan oleh anggota TNI dalam membina dan meningkatkan kerjasama, kami fokus belajar, ada juga sering pelatihan dari sekolah ini selain hidroponik, namun ini berbeda pola dan ramah lingkungan hidroponik yang membuat suasana nantinya semakin sejuk.

“Ini merupakan program jangka panjang. Ini untuk membumikan kebiasaan menanam kepada siswa. Dengan begitu, ketika duduk di tingkat perguruan tinggi, hingga berkeluarga, sudah terbiasa dengan menanam model hidroponik,” tuturnya.