oleh

Kodam XVIII/Kasuari Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Seluruh prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari, gelar peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah/2022 M, di Masjid Istiqlal Kodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Selasa (2/8/2022).

Pangdam XVIII/Kasuari, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Irdam, Brigjen TNI Eko Susetyo, M.M., M.Tr.(Han)., menyampaikan peristiwa tahun baru Hijriah adalah awal penanggalan umat Islam yang dimulai Rasulullah SAW bersama para sahabat melakukan hijrah dari kota Mekah ke Kota Madinah.

” Islam berkembang pesat sejak peristiwa tersebut dan Islam terus maju mencapai kesempurnaannya sebagai contoh peradaban yang membawa nilai-nilai luhur kebudayaan manusia hingga saat ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, momen tahun baru ini, sepatutnya menjadi momen istimewa bagi seluruh umat Islam dan khususnya para prajurit serta PNS Kodam XVIII/Kasuari.

“Semoga momen pergantian tahun baru ini dapat menjadi titik tolak untuk lebih meningkatkan kualitas keIslaman sebagai dasar dan pendorong dalam pengabdian kita kepada negara sebagai prajurit maupun PNS TNI AD,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, momentum ini adalah kesempatan yang sangat tepat untuk melakukan Muhasabah atau introspeksi diri serta amal kebaikan apa saja yang telah diperbuat selama hidup.

“Perlu kita pahami bersama nilai filosofi hijrah Rasulullah adalah perpindahan perilaku dan moralitas dari perilaku buruk menuju perilaku terpuji, hikmah yang dapat diambil bagi prajurit dan PNS setiap pergantian tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah harus ada perubahan perilaku yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dalam tausiahnya Ustad Muhammad Jamil Manilet, S.Fil.i., M.Ud. mengupas pentingnya semangat hijrah dalam hidup dan menauladani Rasulullah dalam semua aspek kehidupan agar mendapat ridho dan Rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

(Pendam XVIII/Ksr)