Tingkatkan Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim Bolmong Laksanakan Garjas Periodik II

KOTAMOBAGU – – Personel Kodim 1303/Bolaang Mongondow hari ini melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II TA 2022 yang digelar di Makodim 1303/Bolmong Kota Kotamobagu, Senin (10/10/2022).

Tes Samapta ini merupakan program rutin dari Komando atas, dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI AD khususnya Kodim 1303/Bolmong, sehingga dalam menjalankan tugas pokoknya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Pelaksanaan Samapta ini, meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari selama 12 Menit yang dilaksanakan di Track Lari Makodim 1303/Bolmong dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges dan Shuttle Run serta Renang Militer.

Dalam pelaksanaan kegiatan kesamaptaan tersebut, personel terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan dari Rumkitban 13.08.02 Kotamobagu yang diketuai oleh Serma Rahmat Wiranto Kanoli dan dilanjutkan dengan pengisian blangko Samapta serta mendapat pengawasan dari Tim Jasrem 131/Santiago.

Sebelum pelaksanaan samapta, Tim Jasmani Korem 131/Santiago, Serma Salmon dalam pengarahan singkat kepada peserta samapta mengatakan bahwa, pelaksanaan Samapta Periodik Semester II ini agar benar-benar memperhatikan faktor keamanan, agar pelaksanaan Samapta tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, nampak terlihat Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker, S.Sos turut serta mengikuti tes samapta bersama prajurit lainnya sehingga para personel terlihat bersemangat dan termotivasi dengan adanya orang nomor satu di Kodim 1303/Bolmong bersama sama melaksanakan kegiatan tersebut.

Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos mengatakan, Garjas ini juga sebagai kelengkapan administrasi untuk mengikuti pendidikan dalam alih golongan atau Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), serta program lainnya.

“Sehingga, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik harus dilatihkan secara teratur dan berjenjang,” ujar Dandim Bolmong.

Dandim Bolmong juga menekankan bagi seluruh personel yang melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakannya dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan. “Jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri tetap utamakan faktor keamanan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *