Kolaborasi Dengan Kodam XVIII/Kasuari, Mapala UI Eksplorasi Keindahan Alam Di Papua Barat

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., didampingi sejumlah pejabat Kodam menerima audiensi yang dilaksanakan oleh perwakilan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) bahas di ruang kerjanya, Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (17/6/2023).

Muhammad Salahudin Yahya perwakilan Mapala UI mengatakan bahwa Mapala UI dalam waktu dekat ini akan mengadakan Ekspedisi Timur Nusantara yang akan dilaksanakan di wilayah Papua Barat.

“Salah satu kegiatan yang direncanakan yaitu membuka potensi angkasa Arfak dengan kegiatan paralayang, penjelajahan dan pemanjatan tebing Emansiri untuk membuka potensi wisata minat khusus di Kabupaten Kaimana, penjelajahan gua yang akan membuka dan menginventarisasi mulut-mulut gua yang ada di wilayah Papua Barat,” ungkapnya.

Selain itu, tujuannya dari kegiatan tersebut yaitu pertama untuk menginventarisasi Potensi Pariwisata di Papua barat, berkontribusi pada peningkatan kualitas SDM, menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air.

“Kami juga akan mendokumentasikan keindahan alam dan budaya di wilayah Papua Barat sekaligus kampanye petualangan netral karbon. Selain itu, kami juga akan mengemas kegiatan berupa Bhakti Papua dengan melaksanakan pengajaran dan pembangunan perpustakaan bagi anak-anak”.

“Kami berharap, dengan silaturahmi ini, kami dapat berkolaborasi dengan Kodam XVIII/Kasuari dengan pelibatan personel dalam kegiatan Ekspedisi Timur Nusantara, selain itu kami juga berharap adanya dungan transportasi dan akomodasi kegiatan selama berada di wilayah teritorial Kodam XVIII/Kasuari,” harapnya.

Menyikapi apa yang disampaikan oleh Salahudin Yahya, Pangdam Kasuari menyampaikan bahwa tentunya akan mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Selaku Pangdam XVIII/Kasuari tentunya mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Mapala UI, kedepannya akan kami koordinasikan juga dengan Pemda setempat dalam rangka mendukung kegiatan tersebut”.

“Kami juga akan menyertakan prajurit yang ada dijajaran untuk melaksanakan pendampingan serta membantu selama dalam pelaksanaan kegiatan,” kata Pangdam.

(Pendam XVIII Kasuari)