Sasar Pasar Tradisonal, Koramil 1303-01/Kotamobagu Gelar Karya Bakti

Kotamobagu0 views

KOTAMOBAGU – – Sejumlah anggota TNI Koramil 1303-01/Kotamobagu melaksanakan kegiatan karya bhakti dengan sasaran membersihkan Pasar Tradisional yang berada di Desa Poyowa Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu, Senin (04/12/2023).

Karya bhakti yang dilaksanakan oleh Koramil 1303-01/Kotamobagu merupakan suatu bentuk kepedulian TNI-AD untuk menciptakan lingkungan yang bersih, bebas dari banjir dan mencegah penyebaran dari berbagai jenis penyakit.

Dengan menggunakan berbagai peralatan kebersihan seperti sapu lidi, pengki atau serokan dan karung sampah tanpa ada rasa canggung dan sungkan serta malu, bersama puluhan warga para anggota TNI itu blusukan hingga ke dalam, los-los pasar untuk mencari sampah sampah yang ada di pasar tersebut.

Tak sedikit dari berbagai jenis macam sampah yang mereka dapatkan dalam kegiatan bersih-bersih karya bhakti di pasar tradisional itu. Dari sampah yang didapat, kemudian, mereka masukkan ke dalam karung kemudian dikumpulkan menjadi satu yang selanjutnya akan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Danramil 1303-01/Kotamobagu Lettu Arm Petrus mengatakan, Karya bakti ini bertujuan sebagai upaya pembinaan teritorial guna meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Sehingga kegiatan karya bakti ini dapat dipahami oleh masyarakat luas dan diharapkan dapat membangkitkan serta menumbuhkan kembali kecintaan rakyat terhadap TNI,” ucap Danramil.

Lettu Arm Petrus juga mengungkapkan, Kegiatan karya bakti bersihkan sampah pasar ini juga dapat melestarikan budaya gotong royong sekaligus membangkitkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Sebab, selama ini pasar identik dengan kesemrawutan. Berbagai ragam jenis sampah bisa dijumpai dimana saja berserakan tidak pada tempatnya.

“Menciptakan pasar bersih dari sampah memang perlu. Dengan begitu, tak hanya pedagang yang diuntungkan, pembeli pun akan bisa menikmati saat melakukan aktivitas belanja di pasar tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat terpisah Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Fahril Harris SIP menambahkan, karya bhakti membersihkan pasar tak hanya dilakukan oleh anggota Koramil 1303-01/Kotamobagu. Melainkan juga dilaksanakan semua koramil jajaran Kodim 1303/Bolmong.

“Hari ini, bersama warga dan pihak kepolisian anggota TNI-AD yang bertugas di Koramil 1303-01/Kotamobagu, Koramil 1303-02/Passi, Koramil 1303-03/Modayag dan Koramil 1303-04/Lolayan juga melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan Pasar Tradisional di Desa Poyowa Kecil. Dengan perinciannya, karya bhakti hari ini dilaksanakan 25 personel dari Kodim Bolmong, personel Kepolisian, perangkat Desa, Dinas kebersihan, serta masyarakat Desa Poyowa Kecil,” tutur Dandim Bolmong