Kasdam XIII Merdeka Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke-120 Kodim 1303/Bolmong

Boltim3 views

B O L T I M – – Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1303/Bolaang Mongondow berlangsung dengan khidmat yang berlangsung di lapangan Ambang Desa Modayag Kabupaten Boltim, Jumat (07/06/2024). Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XIII/Merdeka, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto SE MSi, memimpin langsung upacara penutupan yang dihadiri oleh prajurit TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat.

Dalam amanatnya, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras dan dedikasi para prajurit serta partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan program TMMD. “TMMD ke-120 ini merupakan wujud nyata dari sinergi antara TNI dan masyarakat dalam membangun desa yang lebih baik. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan bersama-sama mewujudkan program ini,” ujarnya.

Perlu diketahui bersama, bahwa Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 telah mengamanatkan kepada TNI untuk melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang di antaranya adalah membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam hal pembangunan. Oleh karena itu, TMMD ke-120 ini mengambil tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah,”.

“Berbagai sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur telah kami selesaikan, di antaranya pembangunan sarana transportasi, berupa pembuatan jalan perkebunan dan plat duicker. Selain sasaran fisik, dilaksanakan pula kegiatan nonfisik berupa pelayanan kesehatan masyarakat dan KB Kesehatan, penyuluhan pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, penyuluhan bahaya Narkoba, hukum dan Kamtibmas, bela negara, dan wawasan kebangsaan. Ditambahkan pula program unggulan TMMD berupa TNI Manunggal Air Bersih di 3 titik, paket Sembako dan gizi anak stunting, rehab RTLH 2 unit, MCK, Ketahanan Pangan, dan penanaman 1.000 pohon,” ucap Kasdam saat membacakan amanat.

Setelah upacara, rangkaian kegiatan penutupan dilanjutkan dengan berbagai acara yang melibatkan warga, seperti bazar murah dan bakti sosial. Bazar murah yang menjual berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau disambut antusias oleh masyarakat. Selain itu, bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian sembako, dan donor darah juga dilaksanakan, memberikan manfaat nyata bagi warga yang membutuhkan.

Komandan Kodim 1303/Bolmong, Letkol Inf Fahmil Harris SIP turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam TMMD ke-120 ini. “Kerjasama yang baik antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat merupakan kunci sukses dari pelaksanaan TMMD. Semoga kebersamaan ini terus terjalin untuk membangun desa yang lebih maju dan sejahtera,” tutur Dandim Bolmong.

Program TMMD ke-120 ini telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Modayag Tiga dan sekitarnya, baik dari segi pembangunan fisik maupun peningkatan kesejahteraan. Infrastruktur yang lebih baik dan layanan sosial yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperkuat ikatan antara TNI dan rakyat.

Dengan penutupan TMMD ke-120 ini, diharapkan semangat gotong royong dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat terus terjaga dan menjadi modal penting dalam pembangunan desa di masa depan. Upacara penutupan yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka ini menandai berakhirnya program TMMD ke-120, namun semangat dan hasil yang telah dicapai akan terus dirasakan dan menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa yang akan datang.

Kegiatan ini turut dihadiri, Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip SH MH (Danrem 131/Santiago), Brigjen TNI Wakhyono SSos MIP (Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka), Kolonel Inf Fajar Ali Nugraha (Aslog Kasdam XIII/Merdeka), Letkol Kav Yudi Koswara ST (Kasi Pers Korem 131/Santiago), Letkol Inf Lucky Sony Maramis (Kasi Ter Korem 131/Santiago), Ir  Sonny Warokka Phd(Setda Boltim), AKBP Agung Setya Budi Mtr opsla (Kapolres Boltim), Letkol Arm Donny Romansa MTr Han (Danyon Armed -19 Bogani), AKP Acuk Jainurin (Mewakili Dansat Brimob Inuai), Harris Sumanta ST (Kadis PU Boltim) serta tamu dan undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *