oleh

Kodim 1303/Bolmong Gelar UTP Umum Guna Tingkatkan Kemampuan Prajurit

KOTAMOBAGU – Kodim 1303/Bolmong melaksanakan Uji Terampil Perorangan Umum (UTP Umum) yang dilaksanakan selama 4 (Empat) hari, mulai tanggal 28 s.d 31 Januari 2019, kegiatan tersebut di ikuti oleh 231 anggota Kodim yang terdiri dari 200 Bintara dan 31 Tamtama yang bertempat di Makodim 1303/Bolmong, Senin (28/01/2019).

Selama ini masyarakat awam hanya mengetahui bahwa sebagai seorang prajurit hanya dituntut secara kemampuan jasmaninya saja, akan tetapi sebenarnya secara ketrampilan perorangan pun juga dituntut untuk dikuasai, untuk membina dan meningkatkan keterampilan prajurit.

Uji terampil perorangan tersebut terdiri atas keterampilan pengetahuan dasar militer meliputi senjata, peta jarak, kompas, intelijen, sikap teritorial, 5 kemampuan teritorial, bhakti TNI, Binwanwil, Komsos, Sisrendal Binter, dan Tatalaksana Binter yang rencananya akan dilaksanakan selama Empat hari yaitu Senin sampai Kamis.

Kepala Staf Kodim 1303/Bolmong Mayor Inf Burhan mengatakan, UTP tersebut dilaksanakan setiap tahun sekali dan sebelumnya didahului dengan Latihan perorangan guna mengasah dan mengingat kembali dasar-dasar dari seorang militer supaya lebih profesional dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Lebih lanjut, Pasiops Dim 1303/Bolmong Kapten Inf Jansen Neang mengajak kepada anggota peserta UTP untuk mengikuti apa yang telah direncanakan oleh Stafops Kodim 1303/Bolmong serta walaupun latihan ini bersifat rutin setiap tahun tapi jangan ada yang tidak serius bahkan main main, tandasnya.

Uji Terampil Perorangan Umum itu sendiri bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki serta didapatkannya suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Sebelum pelaksanaan Uji Terampil Perorangan (UTP) Pasiops Kodim Dim 1303/Bolmong Kapten Inf Jansen Neang juga menuturkan, bahwa Uji Terampil Perorangan ini bertujuan untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan serta kecakapan secara perorangan untuk mencapai kualifikasi keterampilan. Latihan ini dilaksanakan supaya anggota TNI, mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing (profesional dan proporsional).

Tingkat kemampuan yang harus dimiliki oleh Prajurit Teritorial mulai dari pangkat Prajurit Dua sampai dengan Pembantu Letnan Satu perlu diuraikan secara rinci menurut macam dan jenis kemampuan berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya. Untuk memudahkan didalam pembinaan kemampuan tersebut maka setiap materi pengetahuan dan keterampilan dijabarkan dalam tugas – tugas sesuai golongan kepangkatan sehingga memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap tugas pokok. Materi yang di ujikan yaitu Tingkat keterampilan yang meliputi lima Kemampuan Ter antara lain Kemampuan Temu cepat Lapor cepat, Kemampuan Manajemen Teritorial, Kemampuan Penguasaan Wilayah, Kemampuan Perlawanan Rakyat, Kemampuan Komunikasi Sosial. Inteljen teritorial, Tata laksana binter, Sistem perencanaan dan pengendalian binter.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.