Usaha Babinsa Bersama Petani Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19

Bolmut522 views

B O L M U T – Upaya Khusus (Upsus) Pendampingan terhadap petani semakin intens dilakukan oleh Kopka Muhlis Pontoh anggota Koramil 1303-13/Kaidipang yang berada di wilayah Desa binaannya yaitu Desa Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Senin (18/05/2020).

Kopka Muhlis Pontoh menuturkan, tujuan dari pendampingan ini untuk memotivasi petani dalam upaya menjaga Ketahanan Pangan wilayah. Sekaligus juga sebagai wujud kepedulian TNI, terhadap warga di wilayah binaan.

“Salah satu peran nyata di lapangan, untuk menjaga ketahanan pangan dan memberi semangat petani sekaligus mendukung pemerintah daerah dalam menjaga ketahanan pangan khususnya di wilayah binaan,” ucapnya.

Selain itu juga, Kopka Muhlis saat melakukan pendampingan ini turut ikut bergelut dalam lumpur sawah guna mambantu petani Desa binaannya dalam merontokkan padi hasil panen.

“Kita juga membantu petani dalam menyiapkan dan mengolah lahan pertanian, perawatan tanam hingga masa panen tiba seperti saat ini,” imbuh Kopka Muhlis.

Lebih lanjut, Kopka Muhlis menyampaikan, Upsus pendampingan pertanian dalam rangka percepatan luas tambah tanam padi ini akan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Kopka Muhlis Pontoh berharap, semakin rutinnya dilakukan pendampingan ini, petani di Desa binaannya pun semakin giat dan semangat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami padi dalam rangka antisipasi kurangnya stock beras diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara khususnya Desa Boroko.

“Maka dengan itu, khususnya Desa Boroko ini target perolehan panen nantinya semakin meningkat dan melimpah untuk mencukupi di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” tutur Kopka Muhlis.