Kodim 1303/Bolmong Gelar Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Dan Kemampuan Teritorial

Kotamobagu943 views

KOTAMOBAGU – Komando Distrik Militer 1303/Bolaang Mongondow menggelar kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial pada Triwulan II tahun 2020.

Kegiatan tersebut digelar pada Selasa (16/06/2020) di aula Totabuan Makodim 1303/Bolmong jalan S. Parman Nomor 149.

Kegiatan bidang teritorial yang dilaksanakan pada setiap triwulan tersebut, diikuti oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 1303/Bolmong.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan Aparat Teritorial (Apter) guna menunjang tugas sehari-sehari sehingga tugas dapat tercapai dengan hasil yang lebih baik.

Dalam sambutanya, Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono S.Sos mengatakan Kodim mempunyai tugas pokok yaitu teritorial untuk ketahanan di darat.

“Untuk mendukungnya kita harus bersinergi dengan intansi lainya. Sikap teritorial wajib dikuasai oleh aparat kewilayahan, yaitu senyum, sapa, saling menghargai dan saling membantu satu sama lain dan bergotong royong, laksanakan orientasi di wilayah kita bertugas dan harus cepat beradaptasi,” ujar Dandim Letkol Inf Sigit.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, sebagai aparat kewilayaan harus bisa temu cepat dan lapor cepat terhadap perkembangan situasi yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Lakukan komunikasi dengan baik kepada masyarakat yang ada diwilayah sehingga kita bisa mengambil keterangan maupun informasi dari masyarakat,” tutur Dandim Bolmong Letkol Inf Sigit.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) 1303/Bolmong Kapten Inf Muyassir SIP.

Dalam pemaparannya, Danramil mengatakan aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial.

Oleh karena itu, kata Danramil, aparat harus memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas, serta mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lainnya.

“Melalui kegiatan ini saya berharap bisa memberikan motivasi, dorongan kepada prajurit Kodim 1303/Bolmong dalam rangka menyukseskan tugas pokok aparat kewilayahan, Sebagai aparat kewilayahan prajurit Kodim Bolmong bisa meningkatkan penguasaan wilayah, diantaranya, Geografi, Demografi dan kondisi sosial,” jelasnya.

Sehingga, dia berharap para Babinsa mampu memahami tugas dan fungsinya sebagai Aparat Kewilayahan, sehingga tidak ada keraguan dalam mengaplikasikanya di lapangan.

Sementara itu, Danramil 1303-07/Dumoga Kapten Inf Asrak Badarun selaku pemberi materi berikutnya menyampaikan sikap teritorial adalah sikap yang berupa kedekatan TNI dengan rakyat.

“Terutama di daerah TNI bertugas, yang paling utama sebagai aparat kewilayahan adalah sikap sopan santun saling menghormati antara orang lain, suku, adat dan mempelopori usaha-usaha masyarakat serta dapat memelihara kemanunggalan TNI Bersama Rakyat,” katanya.