Digelar Secara Virtual, Kodim Bolmong Bersama Pemkab Boltim Ikuti Rakornis TMMD 120

Kotamobagu12 views

KOTAMOBAGU – – Mewakili Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow, Kepala Staf Kodim Mayor Arh Achmad Janis mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke-120 yang digelar secara virtual melalui Zoom Meeting, Selasa (30/04/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Totabuan Makodim 1303/Bolmong turut dihadiri Kapten Arm Chandra Bintang Nurcahya (Pasiter Dim 1303/Bolmong), Rusman Mokoagow (Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Boltim), Harriman Pasambuna (Sekwan DPRD Kabupaten Boltim) Fahri Lentang (Kabag Tup Boltim), James Kinontoa (Kepala Bappeda Boltim), Jemmy Abbas (Sekertaris Dinas PUTR Boltim), Irwinsya Mokoagow (Kabid Bina Kontruksi Dinas PUTR Boltim), Greis Gumalangit (Fungsional Perencanaan Boltim), Julkifli Mokoagow (Kabid PUTR Boltim).

Rakornis TMMD Ke-120 yang mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” tersebut dipimpin langsung oleh Waaster KASAD bidang perencanaan dan puanter staf teritorial TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Terry Tresna Purnama yang dilaksanakan secara terpusat di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta.

TMMD ke-120 ini akan dilaksanakan secara serentak yang dimulai dari tanggal 08 Mei hingga 06 Juni 2024 di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem “Bottom Up Planning”. Program TMMD kali ini mencakup sasaran fisik seperti pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah dalam pembangunan infrastruktur berskala besar dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, sasaran non fisik dalam program TMMD mencakup peningkatan pengetahuan masyarakat di lokasi TMMD meliputi materi kesadaran bela negara, kesehatan, stunting, pertanian, perikanan, penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, lingkungan hidup, ketahanan pangan, Kamtibmas, serta teknologi tepat guna.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat dalam rangka membantu percepatan pembangunan di daerah daerah yang membutuhkan. Melalui TMMD, TNI bersama sama dengan masyarakat dan pemerintah bekerja sama untuk mewujudkan pembangunan di wilayah yang masih tertinggal.

Dalam gelaran Rakornis TMMD ke-120 ini, juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-119, baik untuk Kategori Dansatgas maupun Kategori Wartawan (Media).

Adapun Juara Pertama Kategori Dansatgas (Media Elektronik) diraih oleh Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Muhidin, Juara Kedua diraih Dandim 1016/Palangkaraya Letkol Inf Jimmy Hutapea, dan Juara Ketiga diraih Dandim 1314/Buton Letkol Inf Ketut Janji.

Sementara untuk Kategori Dansatgas (Media Cetak/Online), Juara Pertama diraih Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Sutikno SM, Juara Kedua diraih Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Abdullah Mahua, dan Juara Ketiga diraih Dandim 0110/Aceh Barat Daya (Abdaya) Letkol Inf Benny Maradona. Ada pula penghargaan untuk Babinsa Terbaik atas nama Kopda Muhammad Rofi’i dari Kodim 1623/Karangasem.

Untuk Kategori Wartawan Elektronik, Juara Satu diraih Viktor Hitler Siagian dari Kompas TV (Kodim 0509/Bekasi), Juara Dua Erdawati dari Inews TV (Kodim 0110/Abdaya), dan Juara Tiga Miftahul Arif dari Trans 7 (Kodim 0817/Gresik). Sedangkan Kategori Wartawan Cetak/Online, Juara Satu diraih Tri Suryaningrum dari Media Duta Masyarakat (Kodim 0808/Blitar), Juara Dua Tumpal Adani Aritonang dari Antaranews.com (Kodim 1007/Banjarmasin), dan Juara Tiga Sefnat P. Besie dari Inews.id (Kodim 1616/TTU).