Babinsa Bantu Petani Melakukan Perawatan Tanaman Jagung Di Desa Molobog Timur

Boltim296 views

B O L T I M – Upaya khusus pendampingan ketahanan pangan terus digalakkan Koramil Jajaran Kodim 1303/Bolaang Mongondow. Kegiatan pendampingan ini dilakukan para Babinsa tidak hanya bagi petani padi namun termasuk petani jagung yang ada di wilayah binaan, Kamis (28/01/2021).

“Kali ini sedang melaksanakan pendampingan perawatan tanaman jagung di Desa Molobog Timur Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ujar Babinsa Koramil 1303-05/Kotabunan Serda Jefry M. Pungus.

Menurutnya, kegiatan pendampingan yang dilakukan berupa perawatan tanaman jagung yang berlangsung di lahan milik Bapak Frangky Taarae salah satu anggota Kelompok Tani (Poktan) “Monogit” yang ditanami jenis jagung Bisi-18.

Selain penyiangan gulma, pada perawatan tanaman jagung kali ini juga dilakukan pemeriksaan kondisi perkembangan batang dan daun untuk melihat gejala-gejala adanya hama untuk selanjutnya akan dilakukan penyemprotan.

“Hari ini kita lakukan penyiangan gulma, sekalian kita periksa kondisi batang dan daun untuk mengecek gejala adanya hama untuk dikonsultasikan petani dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL),” pungkas Serda Jefry.

Ditempat terpisah, Plh Danramil 1303-05/Kotabunan Pelda Ucok Marthen Lubis mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) demi percepatan pencapaian Ketahanan pangan di wilayah.

“Diharapkan dengan terjunnya para Babinsa ini dapat memotivasi para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam baik padi, jagung maupun kedelai sehingga hasil panen akan semakin meningkat yang dengan sendirinya akan menambah pendapatan para petani,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *