Keindahan Pulau Tiga Maelang

Kilassulut.com – Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara terkenal sebagai daerah lumbung beras.

Wilayah Bolmong juga memiliki keindahan alam yakni pantai pasir putih dan terdapat pulau-pulau.

Kali ini kita akan mengeksplorasi keindahan Pulau Tiga.

Dari namanya kita sudah bisa membayangkan bahwa pulau ini terdiri dari 3 pulau kecil yang berdampingan. Pulau ini terletak di Desa Maelang, Kecamatan Sang Tombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kilassulut.com berkesempatan mengunjungi dan melihat langsung keindahan Pulau Tiga.

Keindahan Pulau tersebut ada pada pasir putihnya, pantai yang bersih, air laut bening, terumbu karang, dan ikan-ikan yang dapat dilihat dari laut dangkal.

Bahkan, para wisatawan bisa memesan makanan langsung kepada warga setempat. Apalagi ikan laut yang masih segar untuk di bakar ataupun di masak sesuai selera.

Para wisatawan apabila ingin berkunjung bisa mengikuti panduan lengkap menuju lokasi wisata.

Lokasi Desa Maelang sendiri berjarak sekitar 200 km dari Manado, perjalanan darat bisa menggunakan mobil ataupun motor dengan durasi sekitar 5 jam perjalanan melalui beberapa daerah mulai dari Kota Manado, Amurang, Inobonto, Lolak, dan Maelang.

Selama perjalanan, wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan pesisir pantai utara dari Manado sampai Maelang.

Setibanya di lokasi, para wisatawan harus membayar sewa perahu untuk mengantar ke Pulau Tiga karena tidak ada taxi laut yang secara khusus melayani penyeberangan dari Maelang ke Pulau Tiga.

Biaya untuk paket berkunjung ke tiga pulau Rp 65 ribu perorang. Bisa juga wisatawan hanya ingin berkunjung pada satu diantara tiga pulau tersebut.

Kalau hanya 1 pulau biayanya Rp 25 ribu untuk biaya antar dan jemput.

Bagi wisatawan juga disarankan agar bisa menyeberang pagi-pagi sebelum jam 10.00 wita saat ombak belum besar, dan dengan perkiraan balik dari pulau tiga sebelum jam 15.00 wita.

Sujadah Paputungan Kepala Adat Pasir Putih saat berbincang-bincang dengan Tribun Manado berkata Pulau Tiga ini nanti terbuka sejak 10 tahun lalu.

Ia menjelaskan bahwa masing-masing pulau punya kelebihan sendiri-sendiri.

Pulau pertama lebih dekat dengan pantai memiliki kelebihan Pasir putihnya yang timbul dan air laut terlihat biru. Pulau pertama juga sering digunakan untuk menginap semalam menggunakan tenda sendiri.

Pulau kedua memiliki kelebihan pasir putihnya yang halus. Tapi, warga setempat tidak mengizinkan bagi wisatawan untuk menginap di pulau kedua ini.

Nah, Pulau ketiga sangat bagus juga karena memiliki air tawar dan pasir putih yang bagus.

Ia menambahkan, selama Lebaran lalu banyak sekali wisatawan yang datang. Baik lokal Bolmong raya, Minahasa Selatan, Minahasa, Tomohon, Manado datang berwisata.

“Kalau hari seperti itu para warga setempat mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp 6 juta khusus sewa perahu,” ujar Kepala Adat Pasir Putih.

Namun saat hari biasa sering tidak ada pendapatan karena tidak ada wisatawan.

“Pernah ada wisatawan dari mancanegara, Belanda dan Perancis. Mereka mengunjungi Ketiga Pulau tersebut,” katanya.

Selain itu, ada wisatawan dari Jawa yang datang untuk snorkeling melihat keindahan karang disekitar Pulau Tiga.

Allan satu diantara wisatawan asal Manado berkata Pulau Tiga sangat indah dan wajib dikunjungi para wisatawan.

“Daripada menghabiskan uang membeli tiket pesawat ke Bali atau lokasi lainnya, lebih baik datang di Pulau Tiga yang tak kalah indah,” ujarnya.

Ia menambahkan, keindahan Pulau Tiga masih sangat original dan bersih.

“Kami juga berharap pemerintah bisa menyiapkan fasilitas umum seperti kamar mandi atau tempat bilas bagi wisatawan,” tuturnya.

Rivo wisatawan lainnya asal Minut merasa keindahan alam Pulau Tiga dan keramahan warga setempat sangat bagus.

“Ketiga Pulau tersebut sangat indah ditambah warga setempat begitu ramah dan bisa menyiapkan makanan seperti ikan bakar yang ikannya baru ditangkap nelayan,” katanya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung langsung diwajibkan menyiapkan perlengkapan seperti baju mandi, baju ganti, kamera, kacamata hitam, sun block, dan tentunya uang.

Tunggu apalagi, ajak keluarga teman atau saudara untuk memanjakan mata di Pulau Tiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *