oleh

TMMD Ke-113 Teluk Wondama Siap Bangun dan Rehab 13 Unit Rumah Masyarakat

Teluk Wondama. kasuari18-tniad.mil.id – Sejumlah kegiatan pembangunan dan rehab rumah masyarakat menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-113 yang dipusatkan di kampung Mamisi Distrik Nikiwar Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat, ada 13 unit rumah yang siap untuk dibangun yakni 1 unit rumah rakyat tipe 45 bangun baru, 10 unit rumah tipe 36 direhab berat dan 2 unit rumah tipe yang sama direhab ringan.

Wakil Bupati Teluk Wondama Drs. Andarias Kayukatui M.SI membuka secara resmi acara TNI Manunggal membangun Desa ke-113 TA 2022 ditandai pemasangan tanda pita dan alat kerja kepada perwakilan peserta upacara, dengan mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, bertempat di lapangan perkantoran Bupati Distrik Rasiei, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Rabu (11/5/2022).

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak, khususnya kepada Pangdam XVIII/Kasuari, Dandim 1801/Manokwari beserta seluruh jajaran, SKPD, dan seluruh pihak terkait, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan tertib dan damai,” Menyampaikan sambutan tertulis Bupati Teluk Wondama.

Disamping pembangunan dan rehab rumah, juga dilakukan pembangunan jalan dan jembatan untuk membuka akses dan memperlancar proses tranportasi warga sehingga meningkatkan roda perekonomian daerah, sedangkan Sasaran non fisik antara lain dilakukan penyuluhan bela negara, Penyuluhan tentang hidup bersih dan Pemutaran film perjuangan.

Selama kegiatan TMMD ini, para prajurit akan tinggal dan berbaur dengan masyarakat sebagai upaya membangun kedekatan dengan masyarakat sebagai wujud implementasi kemanunggalan TNI rakyat.

TMDD merupakan program terpadu lintas sektor TNI dan Kementerian baik pemerintah pusat atau daerah, maupun non pemerintah yang sedang dilaksanakan masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan perdesaan, TNI dengan segenap kemampuan yang ia punya harus bisa membantu pemerintah dalam tugas percepatan pembangunan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wabup berpesan dan mengingatkan, agar hasil-hasil pembangunan agar terus jaga dan pelihara, sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan dalam kurung waktu yang lama.

“Maka peran pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan dan warga masyarakat sendiri sebagai pengguna sangatlah dibutuhkan, sehingga infrastruktur yang dibangun dapat dipergunakan dalam waktu yang lama,” tutur Wabup.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Rachmat Christanto ,S.I.P , Kapolres Teluk Wondama AKBP. Yohanes Agustiandaru, S.H.,S.I.K,M.H , Pabung Kodim 1801/Mkw Letkol Inf Arry Revo, Danramil 1801-07/Wasior Mayor Arm Suwondo, Wadanyon 136/TS Kapten Inf Nuzul dan Kesbangpol Kabupaten Teluk Wondama Syors Ortizan Marini.

(Pendam XVIII/Ksr)