Kodam Kasuari Tanam 2.060 Pohon Peringati Hari Juang TNI AD 2023 “Kita Rawat Hutan Maka Hutan Rawat Kita”

Nasional0 views

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Kodam XVIII/Kasuari, dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD ke 78 Tahun 2023 kembali peduli lingkungan dengan menanam sebanyak 2.060 pohon secara serentak di seluruh jajaran, mulai Korem, Kodim sampai dengan tingkat Koramil, pada Kamis (14/12/2023).

Dalam acara yang bertemakan “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”, ini juga dilaksanakan dengan menyaksikan secara virtual pengarahan dari
Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dari Kota Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Sementara di Kodam XVIII/Kasuari yang dipimpin Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah beserta Kasdam, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga bersama para pejabat Kodam lainnya, mengikuti acara tersebut dari Kampung Katebu, Manokwari, Papua Barat,

Kasad dalam sambutannya menyampaikan mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan mengingat bahwa Indonesia, akan memerangi sampah bukan hanya di pantai, namun juga gunung, sungai dan lain sebagainya apalagi sekarang ini sudah mulai banyak banjir.

“Dalam waktu dekat ini kita akan menyelenggarakan dibeberapa titik Indonesia. Tema yang diambil dalam tema ini diharapkan bukan hanya slogan kerena ini jelas bersama Rakyat, tidak mungkin kita bisa mengerjakan ini tanpa di dukung oleh semua elemen, dan efek alam inilah yang akan memberantas kemiskinan dan stunting nantinya”.

“Memulai pekerjaan ini saya yakin memerlukan kemauan waktu, etos dan lain sebagainya yang cukup panjang, mudah-mudahan kedepan kita bisa buktikan di akhir tahun ini, diseluruh Indonesia kita akan perlihatkan bahwa banyak yang bisa membuat pengaruh terhadap lingkungan, kemiskinan, stunting dan lain sebagainya,” ucapnya.

Sementara itu, kepada awak media yang hadir saat itu, Pangdam menyampaikan kegiatan mulai dari pembersihan pasar dan juga penanaman pohon yang dilaksanakan hari ini tujuannya untuk mencegah dimasa mendatang agar tidak terjadi longsor ataupun banjir bandang.

“Kalau kita merawat hutan, sehingga hutan merawat kita, pohon yang kita tanam disini beragam jenisnya, ada pohon yang keras juga pohon yang menghasilkan buah jadi tidak semua tempat sama di seluruh Kodam ini hari ini kita menanam kurang lebih 2.060 pohon mulai dari daerah Sorong sampai dengan daerah Fakfak yang disesuaikan dengan wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Kodam XVIII/Kasuari sampai dengan saat ini yaitu melaksanakan karya bakti pembersihan lingkungan disekitar pantai Paair Putih, pemberian tali asih kepada Veteran, Warakawuri dan anak-anak Yatim Piatu yang tidak hanya dilakukan oleh Kodam saja namun seluruh Korem, Kodim, Rindam.

“Kami berharap bahwa, perlu diketahui pohon ini bukan pohonnya Tentara namun pohon ini milik kita semua, untuk itu seluruh masyarakat ikut andil dalam merawat pohon tersebut, jangan karena hanya tidak ikut menanam atau memiliki sehingga apatis terhadap pohon yang kita tanam sekarang ini”.

“Bagaimana hutan akan merawat kita, yaitu yang pertama akan memberikan suplai, mencegah tanah tidak longsor dan akan memberikan makanan bagi manusia dan hewan yang ada didalamnya sehingga saya mengguh masyarakat juga ikut merawat pohon ini,” tutur Pangdam.

Ikut dalam kegiatan ini, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua Barat, perwakilan Basarnas, anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika, personel Kodam, pengurus Persit PD XVIII/Kasuari, perangkat Kampung Katebu beserta masyarakat sekitar.

(Pendam XVIII/Ksr)