Pemukulan Tifa Tandai Pembukaan Pameran UMKM Dan Temu Karya Dalam Rangka Papua Barat Berkarya Kodam XVIII/Kasuari Tahun 2022

Nasional7 views

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., membuka acara Pameran UMKM dan Temu Karya dalam rangka Papua Barat Berkarya Kodam XVIII/Kasuari Tahun 2022 yang ditandai dengan pemukulan Tifa secara bersamaan dilapangan Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan ini cukup mendapatkan perhatian dari masyarakat baik dari kalangan anak-anak sampai dengan dewasa terbukti meskipun lapangan sempat diguyur hujan namun tidak mengurungkan niat masyarakat untuk hadir dan menyaksikan kegitan ini yang diakhir acara dilaksanakan dengan pembagian berbagai doorprize yang diberikankepada masyarakat yang hadir saat itu.

Kegiatan UMKM dan temu karya yang diselenggarakan ini merupakan rangkaian akhir dari program kegiatan Papua Barat Berkarya tahun anggaran 2022 dimana sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan di beberapa wilayah di antaranya di Kabupaten Manokwari, Kabupaten Mansel, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) Dan Kabupaten Sorong dengan kegiatan pelatihan di bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pangdam dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang di dilaksanakan pada hari ini sebagai sarana untuk menampilkan dan mempromosikan produk-produk olahan hasil pelatihan yang tentunya memiliki nilai ekonomi.

“Perlu diketahui bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan secara langsung melibatkan masyarakat dan generasi muda diwilayah Papua Barat dengan supervisi Kodim tentunya dengan didukung oleh Pemda setempat serta organisasi kemasyarakatan seperti Karang Taruna, maupun dari yayasan sosial kemasyarakatan yang fokus pada pemberdayaan masyarakat, langkah ini kita lakukan sebagai bentuk kontribusi kita untuk meningkatkan sumber daya manusia dan pemerataan ekonomi rakyat agar kesejahteraannya terus membaik,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bertepatan dengan peringatan HUT ke 6 Kodam XVIII/Kasuari tahun ini yang nantinya jatuh pada tanggal 19 Desember tidak hanya menampilkan produk-produk hasil pelatihan saja namun Kodam juga mengajak para penggiat UMKM di wilayah Manokwari untuk berpartisipasi sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk-produk UMKM unggulannya.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dengan menggelar pasar murah agar masyarakat bisa memperoleh barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau selain itu juga Kodam mengenalkan alutsista perlengkapan militer dengan tujuan agar dapat menumbuhkan kebanggaan kita kepada bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai ini bahwa negara Indonesia adalah negara yang kuat dan siap menghadapi segala bentuk ancaman dan gangguan yang merongrong kedaulatan negara”.

“Besar harapan saya dan kita semua melalui kegiatan ini dapat terwujud masyarakat dan generasi Papua Barat yang mampu berinovasi dan berkreasi dalam menggali segala potensi yang ada dan mampu mempromosikan hasil-hasil karyanya serta dapat menumbuhkan semangat juang untuk memajukan Papua Barat maupun negara Indonesia pada umumnya yang juga merupakan tugas pokok dari Kodam XVIII/Kasuari,” harapnya.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilaksanakan dengan Bakti Sosial dalam rangka HUT Infanteri dengan membagikan bingkisan sembako kepada masyarakat.

Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para pejabat Kodam, Danrem 182/JO, pejabat Polda Papua Barat, Kafasharkan Manokwari, Rektor UNIPA, Ketua MRPB, para perwakilan Perbankan dan pimpinan perusahaan di wilayah Papua Barat, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *