Semarak Kemerdekaan, Ragam Lomba Meriahkan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI di Rusun Elang Kodam Kasuari

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Hari Kemerdekaan dimeriahkan dengan berbagai aktivitas, tak hanya Upacara Bendera Merah Putih, masyarakat dikalangan apapun dapat melakukan acara kebersamaan dalam memeriahkan HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh warga Rusun Elang Kodam XVIII/Kasuari turut memeriahkan dengan menggelar berbagai lomba mulai dari anak-anak hingga dewasa, di Wosi, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (19/8/2023).

Berbagai kegiatan digelar panitia mulai dari lomba makan kerupuk, memindahkan koin dari dalam tepung, gigit sendok hingga lomba yang tak kalah seru yaitu tertawa.

Letkol Cba Catur Setiyawan, A.Md., jabatan sehari hari sebagai Dandenjasa Ang XVIII-44-13 Bekangdam XVIII/Kasuari dan dirusun sebagai Ketua Rusun Elang mengatakan bahwa lomba-lomba tradisional seperti ini kerap dijumpai saat perayaan ulang tahun kemerdekaan.

“Ada makna yang terkandung pada lomba-lomba ini seperti misalnya lomba makan kerupuk yang terikat pada seutas tali, dimana tingkat kesulitannya adalah kedua tangan tidak boleh memegang kerupuk tersebut. Mengajarkan betapa masyarakat pada jaman penjajahan mengalami kesulitan pangan, akibat hasil panen diambil oleh para penjajah,” ucapnya.

Sedangkan lomba membawa kelereng dengan sendok dan lomba memindahkan koin dari dalam tepung memiliki makna bahwa kesabaran, ketenangan, dan ketepatan sangat dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

“Lomba tertawa bagi anak-anak tidak kalah meriah dibanding lomba yang lainnya, pasalnya lomba ini ikut mengundang gelak tawa juga dari panitia dan juri sekaligus warga lainnya yang ikut larut dalam semarak memeriahkan kemerdekaan tersebut”.

“Mengacu pada tema peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI tahun 2023 “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kemerdekaan dan semoga dengan mengikuti beragam lomba dapat meningkatkan semangat berjuang, kerjasama dan tidak mudah menyerah terutama bagi anak-anak yang notabenenya sebagai generasi penerus Bangsa,” katanya.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba menjadi menutup rangkaian acara peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI bagi warga Rusun Elang Kodam XVIII/Kasuari dan masyarakat sekitar rusun.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *